Pengurus PMI Kebumen bersama pengurus PMI kecamatan pada orientasi kepalangmerahan, Rabu 27/3.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar orientasi kepalangmerahan bagi pengurus PMI Kecamatan Se kabupaten Kebumen, Rabu (27/3) Pukul 14.00.

Acara berlangsung di Pendopo Kabumian Kebumen. Sebanyak  130 peserta dari perwakilan 5 pengurus perkecamatan mengikuti orientasi. Hadir dalam kegiatan Pengurus PMI Kabupaten, Staf Markas PMI Kebumen dan relawan.

Ketua PMI Kebumen H Sabar Irianto mengungkapkan,kegiatan orientasi menjadi tempat kesepemahaman bagi pengurus PMI Kecamatan terhadap tugas dan fungsi pengurus semestinya.

“Bapak dan ibu sekalian pengurus itu hanya nama saja, sejatinya kita adalah relawan, maka dari itu saya rasa dan saya harap kegiatan orientasi ini bapak ibu pengurus minimal mengetahui bagaimana PMI, apa saja pekerjaan, tugas dan fungsi palang merah,”ujar Sabar Irianto.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto memberikan rompi kepada pengurus PMI kecamatan, Rabu 27/3.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Di sela acara, pengurus membagikan rompi PMI  kepada perwakilan delapan kecamatan. Meliputi Kecamatan Ayah, Poncowarno, Bonorowo, Karanggayam, Karangsambung, Rowokele, Buayan dan Sadang.

Para Pengurus dibekali sejumlah materi. Seperti Pengantar PMI  meliputi visi, misi, struktur dan pokok kebijakan PMI). Kemudian ada materi Donor Darah, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta  Pembuatan Proposal.

Sejumlah fasilitator dihadirkan untuk memberikan materi seperti Mukhsinun, Sony Priyanto Sasongko, M Muslim Mustofa dan Endah Pratiwi.

Meski di tengah bulan Puasa, para peserta  aktif dan bersemangat mengikuti orientasi kepalangmerahan.  Usai pembekalan materi, ditutup dengan buka bersama Puasa Ramadan 1445 H guna menghangatkan kekeluargaan PMI Kebumen.

Komper Wardopo