blank
Foto bersama dalam Dies Natalis ke-23 FBS UKSW. Foto: Dok/UKSW (26/3/2024)

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Suasana sukacita kental terasa dalam perayaan Dies Natalis ke-23 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Senin (25/3/2023) di Gedung FBS Kampus UKSW Jalan Kartini. “Bersatu Hati dalam 23 Tahun Berkarya” menjadi tema dies natalis tahun ini.

Tampak civitas academica FBS turut ambil bagian memeriahkan perayaan ini. Suasana akrab nampak saat acara ramah tamah peringatan syukur kemarin. Salah satunya terlihat saat momen nyanyi bersama Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Rektor ketiga UKSW Periode 1983-1993 Prof. Dr (HC). Willi Toisuta, Ph.D., dan beberapa tamu undangan diantaranya dosen senior FBS.

Dalam acara tersebut, Prof. Dr (HC). Willi Toisuta menceritakan perjalanan panjang yang telah dilalui oleh FBS. “Selama perjalanannya FBS telah melakukan hal yang out of the box, berani menanggung risiko dan tidak takut,” ungkapnya.

Selain Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA), dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak.

Sebagai puncak acara perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FBS Drs. Agastya Rama Listya, M.S.M., Ph. D., bersama Rektor UKSW.

Selain ucapan selamat, Rektor Intiyas menyampaikan rasa bangga karena perjalanan panjang telah ditempuh oleh FBS dengan penuh semangat dan tidak mudah menyerah. Ia berpesan agar seluruh civitas academica FBS saling bergandengan tangan untuk mencapai tujuan dan cita-citanya.

“Kiranya Tuhan memberkati tokoh-tokoh yang telah mewarnai FBS. Kita tidak bisa sendiri, kita harus berjalan bersama-sama seiring, sehati, dan sejiwa,” katanya.

Ajakan Rektor Intiyas dijawab oleh civitas academica FBS terdiri dari dosen, tenaga kependidikan (Tendik), dan mahasiswa dengan berjalan kaki bersama dari Balairung Universitas menuju Gedung FBS yang berada di Jalan Kartini.

Mencapai tujuan besar

Drs. Agastya Rama Listya menjelaskan bahwa berjalan kaki bersama menggambarkan kebersamaan untuk mencapai tujuan yang besar ke depan. “Berjalan kaki bersama kita lakukan dari Balairung Universitas menuju Gedung FBS. Hal ini sebagai ilustrasi jika FBS ingin mencapai tujuan besar maka harus berjalan bersama-sama,” kata Dekan FBS ini.

Ditambahkan, ulang tahun adalah sebuah peristiwa historis yang mengandung tiga momen. Pertama adalah momen reflektif untuk melakukan refleksi terhadap apa yang telah dilakukan. Kedua, momen evaluasi melihat apa yang sudah dan yang sedang dilakukan. Kemudian yang ketiga adalah momen perencanaan, yakni ke mana FBS akan menuju.

“Kita merayakan Dies Natalis ke-23 FBS dengan tujuan untuk merefleksikan perjalanan kita, tantangan yang kita hadapi dan visi yang akan kita capai kedepannya,” terangnya.

Sebelumnya, acara Ibadah Syukur Dies Natalis ke-23 juga diselenggarakan di Balairung Universitas, bersamaan dengan Ibadah Senin. Acara ini tak hanya diikuti oleh civitas academica FBS, melainkan juga warga kampus UKSW yakni dosen, tendik, dan mahasiswa.

Tiga hal penting

Dihadirkan untuk menyampaikan firman Tuhan dalam Ibadah Syukur tersebut Alumni Program Studi (Prodi) Seni Musik FBS angkatan tahun 2006 Pdt. Peggy Alexandra Hengkesa-Aipassa, S.Si.Teol., S.Mus.

Dalam pelayanannya yang didasari firman Tuhan dari kitab Filipi 1:27-29, Pdt. Peggy Alexandra menyampaikan tiga poin penting yang harus dipegang oleh FBS. Ketiga hal tersebut yaitu pada kondisi menyenangkan atau tidak menyenangkan hal itu merupakan anugerah, tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi juga harus memikirkan orang lain, dan jangan takut untuk menghadapi tantangan.

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan untuk memeriahkan Dies Natalis ke-23 FBS antara lain peringatan Hari Wayang Sedunia pada Sabtu (23/3/2024) di Gedung FBS dan pembagian takjil gratis pada Senin (25/3/2024) di halaman Gedung FBS. Tak berhenti sampai di situ, kegiatan lainnya seperti Reuni Akbar Alumni FBS akan dilaksanakan pada Sabtu (13/4/2024) mendatang.

Ning S