blank
Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Nasrullah Dalam konferensi pers PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) di Kota Semarang, Senin 25 Maret 2024. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Nasrullah mengungkapkan prediksi kenaikan jumlah 4,4% untuk lalu-lintas kendaraan yang bakal melewati Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

“Diprediksi lonjakan volume kendaraan arus mudik terjadi pada tanggal 6 April 2024 (H-4) sebanyak 71.901 kendaraan per hari yang menuju Semarang. Angka ini naik 4,4% lebih tinggi dibandingkan dengan periode libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023,” kata dia dalam konferensi pers  PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) di Kota Semarang, Senin 25 Maret 2024.

Dalam konferensi pers PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memastikan kesiapan layanan operasional jalan tol di wilayah Jawa Tengah jelang periode arus mudik dan balik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H pada tanggal 5 April 2024 hingga 16 April 2024.

Agenda ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang  (JSB) Nasrullah, Senior Manager Representative Office 2 Ruas Tol Palimanan-Kanci dan Ruas Tol Semarang Seksi A,B,C Muhammad Faried Sulistamtama, Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Prajudi, Direktur Teknik dan Operasional PT Jasamarga Solo Ngawi M. Historya Ayanda, Direktur Keuangan dan Umum PT Jasamarga Jogja Solo Yhanni Haryanto dan Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani.

Nasrullah melanjutkan, pada arus balik akan terjadi pada tanggal 15 April 2024 atau (H+4) Lebaran 1445 H.

“Prediksinya terjadi lonjakan kendaraan sebanyak 69.796 kendaraan per hari. Angka ini 1,5% lebih banyak dibandingkan dengan kondisi libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023,” katanya.

Menyambut jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Semarang Jawa tengah itu, Senior Manager Representative Office 2 Ruas Tol Palimanan-Kanci dan Semarang Seksi A,B,C Muhammad Faried Sulistamtama juga bersiap.

Dia menyatakan akan memaksimalkan kesiapan layanan armada operasional di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C untuk menyambut kendaraan pada puncak arus mudik khususnya.

“Guna mendukung kelancaran pelayanan operasional pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024 nanti, Ruas Tol Semarang Seksi A,B,C telah menyiapkan 3 kendaraan Mobile Customer Service, 1 Ambulans, 1 unit Rescue, 6 unit Derek, 2 unit Patroli Jalan Raya,” kata dia.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani menyampaikan aka nada layanan informasi yang akan disampaikan Jasa Marga untuk pengguna tol.

“Kami akan terus memberikan informasi terkait jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol khususnya yang melalui gerbang-gerbang utama, update kondisi lalu lintas, rekayasa lalu lintas dan informasi lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat selama periode mudik dan balik Lebaran,” kata dia.

Lebih jauh PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan.

Di mulai dengan memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mempersiapkan perbekalan, patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta terus mengupdate informasi lalu lintas melalui channel resmi Jasa Marga seperti Twitter di @PTJASAMARGA, One Call Center 14080, dan aplikasi Travoy 4.2.

Diaz Aza