blank
Bupati Arif Sugiyanto Selasa (26/3) pagi melaksanakan sahur bersama di Balai Desa Kajoran Kecamatan Karanggayam.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Selain rutin melaksanakan buka bersama dan tarawih keliling di berbagai desa, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto juga melaksanakan sahur bersama warga.

Untuk kali pertama di bulan Ramadan 1445 H Bupati Arif Sugiyanto didampingi pimpnian OPD melaksanakan sahur bersama di Balai Desa Kajoran, Kecamatan Karanggayam, wilayah pegunungan di sisi utara, Selasa (26/3) pagi.

Bupati mengungkapkan, sahur bersama tersebut untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan warga. Menurutnya, banyak program pemerintah perlu disampaikan kepada masyarakat. Sekaligus memperoleh masukan atau evaluasi jika ada kekurangan.

“Tanpa ada kegiatan seperti ini kita tidak tahu apa sebenarnya yang diinginkan masyarakat. Kita ingin pembangunan dilaksanakan dari bawah ke atas, bukan dari atas ke bawah. Pembangunan dilaksanakan harus merata, dengan target-target yang sudah ditentukan,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Arif Sugiyanto memberikan bingkisan kepada warga Desa Kajoran, Kecamatan Karanggayam, Selasa (26/3) pagi.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Bupati menuturkan, bahwa pembangunan daerah tidak hanya terfokus pada infrastruktur semata. Namun juga ada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Pembangunan SDM meliputi pengangkatan ribuan PPPK, pemberian bea siswa santri, pemberian insentif para guru ngaji TPQ.

“Saya ingin bagaimana kesejahteraan para guru dan tenaga honorer ditingkatkan. Maka kita angkat mereka menjadi PPPK. Yang gajinya tadinya hanya Rp500 ribu per bulan, sekarang sudah Rp 3 juta ke atas. Begitu juga guru-guru TPQ kita berikan insentif tiap bulan, santri juga diberikan beasiswa Rp 3 juta selama satu tahun,”ujar dia.

Kegiatan sahur bersama yang turut dihadiri para kades dan perangkat desa juga membawa kabar gembira untuk mereka. Pasalnya, pada Lebaran nanti, mereka bakal mendapat gaji ke 14 atau THR, yang besarnya sudah ditentukan. Menurut Bupati, kebijakan ini belum pernah dilaksanakan di pemerintahan sebelumnya.

“Alhamdulillah tahun ini kita juga berikan THR untuk kepala desa dan  perangkat-perangkatnya. Tenaga P2K atau tenaga honorer seperti tukang sapu, dan juga PPPK juga bakal kita berikan THR,” terang Bupati disambut tepuk tangan.

THR yang bakal diterima Kades yakni Rp1.100.000, Sekdes Rp 990.000, Perangkat Desa Rp 891.000. THR atau gaji ke 14 untuk mereka akan diberikan maksimal tanggal 4 April 2024.

Kegiatan sahur Bupati bersama warga dilanjutkan dengan Salat Subuh berjamaah di masjid terdekat. Kegiatan ini kemudian ditutup pembagian 100 paket sembako untuk warga atau para jamaah.

Komper Wardopo