blank
Penyerahan SK pensiun dan piagam penghargaan kepada PNS di lingkungan Pemkab Blora, di pendapa rumah dinas Bupati. Senin, 25 Maret 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora wacanakan di tahun 2024 ini akan buka 2.000-an formasi PNS dan PPPK baru. Untuk tahapan rekrutmennya hingga saat ini Pemkab masih menunggu pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI).

Penyerahan SK pensiun dan piagam penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Blora yang akan memasuki masa pensiun per TMT 1 Mei dan 1 Juni 2024, oleh Bupati Blora di pendapa rumah dinasnya, Senin (25/3/2024), setidaknya ada 79 PNS yang menerima SK Pensiun.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  Kabupaten Blora, Nunik Sulistiyo Herniyati S.Sos, mengatakan sebanyak 79 PNS yang akan masuk masa pensiun kali ini terdiri dari 2 kelompok yakni TMT 1 Mei dan 1 Juni 2024.

“Yang pensiun TMT 1 Mei 2024, terdiri dari jabatan administrator 3 orang, pengawas 2 orang,  jabatan fungsional 26 orang, dan jabatan pelaksana 12 orang. Sedangkan yang TMT 1 Juni 2024, terdiri dari jabatan administrator 1 orang, jabatan pengawas 2 orang, jabatan fungsional 27 orang, dan jabatan pelaksana 6 orang,” kata Nunik Sulistiyo Herniyati.

Pada kesempatan itu, Parinah, PNS tenaga kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada Bupati Blora atas penerimaan SK Pensiun dan piagam penghargaan.

“Terima kasih Pak Bupati, dan seluruh jajaran BKD. Saya merasa senang dan bangga, akhirnya tugas kami segera selesai. Dulu biasanya SK pensiun diserahkan oleh BKD di kantor. Sekarang di pendapa Rumah Dinas Bupati Blora dan diserahkan langsung oleh Bupati. Menjadi kebanggaan bagi kami. Sukses terus untuk Pak Bupati,” ucap Parinah.

Saat penyerahan SK pensiun dan piagam penghargaan, Bupati Blora, H. Arief Rohman menyampaikan bahwa 79 PNS yang akan memasuki pensiun tersebut, yang memiliki masa kerja paling lama adalah Joko Sugiharno, S.Pd., dari SDN 1 Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, dan Siti Sri Indarwati, S.Pd. dari SDN Ngladeyan, Kedungtuban. Dimana keduanya  telah menjadi PNS selama 41 tahun 1 bulan.

“Alhamdulillah 79 PNS lulus cumlaude sebagai purna ASN Pemkab Blora. Tadi ada 5 PNS yang maju sebagai perwakilan penerima SK. Diantaranya,  Drs. Muhari Camat Jati, Nunik Sulistiyo Herniyati S.Sos, Sekretaris BKD,’’ jelas Bupati Blora.

Bupati Blora, H. Arief Rohman juga  menyampaikan perihal  rencana Pemkab Blora akan membuka formasi PNS dan PPPK baru.

“Saat ini Pemkab Blora juga sedang mengusulkan formasi PNS baru sekaligus PPPK untuk meneruskan tugas – tugas para PNS yang pensiun. Informasinya sementara ada sekitar 2.000-an formasi yang akan dibuka di Pemkab Blora baik PNS maupun PPPK,” kata Bupati Blora.

“Kita masih menunggu pengumuman resmi dari BKN untuk tahap rekrutmennya. Kemungkinan nanti setelah lebaran atau awal Mei. Saat ini Kepala BKD sedang di  Jakarta untuk mengikuti rapat formasi baik nakes, guru, maupun tenaga teknis,” ungkap Bupati Blora.

Sementara itu, Kepala BKD Blora, Drs. Heru Eko Wiyono saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa saat ini Pemkab Blora memang mengajukan lowongan sebanyak 2.950 formasi bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerjasama (PPPK).

Dikemukakan, jumlah tersebut memang formasi yang disetujui oleh Menpan RB. Hanya, saat ini masih baru proses merinci sesuai kebutuhan ASN di wilayah  Kabupaten Blora dan disesuaikan kemampuan keuangan daerah.

‘’Hari ini kami baru pertemuan desk dengan Kemenkes tentang pengusulan Jabatan Fungsional Kesehatan tenaga kesehatan tahun 2024. Bila nanti clear baru  kita umumkan ke publik,’’ tandas Heru Eko Wiyono.

Kudnadi Saputro