blank
Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Sukarno menyerahkan paket sembako kepada warga di Aula Kemenag, Jumat 22/3.(Foto:SB/Humas Kemenag Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bulan Suci Ramadan yang penuh berkah menjadi momen spesial bagi Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia untuk berbagi kepedulian sesama dengan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu.

Tidak tanggung-tanggung, Kemenag RI memberikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 1, 6 juta paket.

Aksi sosial ini merupakan program Festival Ramadan Asyik bersama Gusmen bertajuk “Kolaborasi Sejuta Cinta” atas kerja sama Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ), se Indonesia.

Penyerahan bantuan dilakukan secara daring dan luring serentak di seluruh Kanwil Kemenag Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Indonesia, Jumat (22/3).

blank
Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Sukarno memberi sambutan pada Festival Ramadan, Jumat 22/3.(Foto:SB/Humas Kemenag Kbm)

Khusus untuk Kebumen, bantuan disalurkan sebanyak 1.622 paket sembako kepada siswa dan warga kurang mampu, di Aula Aula Kemenag Kebumen.

Hadir Kepala Kankemenag Kebumen H Sukarno beserta jajaran, Ketua Baznas Kebumen H Bambang Sucipto, Kepala Bagian Kesra Setda Kebumen Tjahyo Sambodo, Kasubbag TU, serta sejumlah pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan LAZ se Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan Wakil Menteri Saiful Rahmat Basuki melalui Zoom Meeting, menyampaikan bantuan 1,6 juta lebih paket sembako ini akan dicatatkan sebagai rekor MURI. Harapannya dapat membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di Bulan penuh berkah ini.

‘’Jadi bantuan 1,6 juta lebih paket sembako ini rencannya akan dicatat sebagai rekor MURI. Harapannya dapat membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah ini,’’jelasnya.

blank
Ketua Baznas Kebumen H Bambang Sucipto menyerahkan bingkisan kepada anak yatim, Jumat 22/3.(Foto:SB/Humas Kemenag Kbm)

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Sukarno menjelaskan, bantuan Zakat, Infak dan Sodaqoh (ZIS) sebanyak 1.622 paket sembako kepada siswa siswi yang kurang mampu dan warga sekitar di lingkungan Kemenag.

Bantuan bersumber dari UPZ Kemenag Kebumen sebanyak 522 paket sembako, Baznas 1.000 paket dan gabungan LAZ se Kabupaten Kebumen sebanyak 100 paket.

‘’Ya Alhamdulilah hari ini Kemenag Kebumen menyalurkan bantuan 1.622 paket sembako kepada siswa siswi yang kurang mampu dan warga sekitar di lingkungan Kemenag. Masing masing isinya kurang lebih senila Rp 200 ribu dan ada yang Rp 150 ribu,”jelas Sukarno kepada media.

Menurut Kepala Kemenag, bantuan tersebut  bersumber dari UPZ Kemenag Kebumen sebanyak 522 paket sembako, Baznas 1.000 paket dan gabungan LAZ se Kabupaten Kebumen sebanyak 100 paket.

Sukarno menambahkan, untuk pendistribusian bantuan akan disalurkan melalui Madrasah dilingkungan Kemenag Kebumen. Dengan bantuan ini Sukarno berharap bermanfaat membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu.

‘’Semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat membantu saudara – saudara kita yang membutuhkan. Inilah wujud kepedulian kita bersama sekaligus sebagai syiar dakwah menyemarakkan bulan suci Ramadan,”imbuhnya.

Komper Wardopo