Presiden menyempatkan diri berdialog dengan warga di tempat pengungsian, yang tempat tinggalnya terdampak akibat banjir. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Presiden RI, Joko Widodo, mengunjungi korban banjir di Kabupaten Demak, Jumat (22/3/2024). Dalam kunjungan kerjanya itu, Presiden didampingi Pj Gubernur Jawa Tengah, ¬†Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana AS MM, Bupati Demak, Eisti’anah, melihat langsung kondisi para pengungsi terdampak banjir, di SMK Ganesa yang ada di Kecamatan Gajah .

Jokowi kemudian melanjutkan perjalanannya dengan mengunjungi lokasi pengungsi yang ada di Wisma Halim Karangrejo, Kecamatan Wonosalam. Dalam keterangannya, Presiden mengaku merasa prihatin atas musibah yang terjadi di Demak. Hal ini karena, wilayah itu dua kali diterjang banjir bandang di awal tahun ini.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Nana Sudjana dan Bupati Demak Eisti’anah, meninjau sejmlah tempat penampungan pengungsi. Dalam kesempatan itu, Presiden juga memberikan sejumlah bantuan. Foto: rudy

Jokowi pun ingin memastikan penanganan banjir Demak berjalan baik, dengan menitikberatkan penanganan pada keselamatan warga. Selain mengecek distribusi bantuan kepada warga terdampak banjir Demak, Presiden juga melihat proses evakuasi, pendirian tenda darurat, pembangunan dapur umum, hingga pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, Presiden telah memerintahkan Menteri PUPR dan Kepala BNPB, untuk merespons situasi darurat banjir di Demak dan sekitarnya, terutama dengan memprioritaskan perbaikan sejumlah tanggul yang jebol. Usai berdialog dengan pengungsi, Presiden juga memberikan sejumlah bantuan.

Rudy