blank
Manajemen XL Axiata dan Pimpinan Ponpes Riyadhul Quran, Ustaz Rohmanto, berfoto bersama usai pada penyerahan bantuan secara simbolis yang digelar di Sleman, Senin (18/3/2024). Foto: xl

SLEMAN (SUARABARU.ID) – Selama masa Ramadan ini, PT XL Axiata (XL) menyalurkan sejumlah bantuan dalam bentuk router dan kuota data total 240GB selama 12 bulan untuk menunjang pendidikan para pelajar di ponpes.

Tak hanya memberi bantuan router dan kuota data saja, XL juga memberikan donasi sembako ke total 75 titik yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, kontribusi melalui penyaluran bantuan router dan kuota data ke ponpes-ponpes tersebut merupakan upaya dukungan kepada pemerintah dalam rangka memperkuat infrastruktur pendidikan di Indonesia

“Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memperkuat pendidikan digital di lingkungan pesantren di tengah momentum Ramadhan 1445 H di tahun ini,” kata Gede saat acara penyerahan bantuan tersebut di Sleman, Senin (18/3/2024).

Adapun masing-masing router tersebut dilengkapi dengan paket data sebesar 240GB selama 1 tahun yang akan disalurkan selama bulan Ramadhan kepada sejumlah ponpes/yayasan yang tersebar di beberapa kota. Penyaluran pertama diserahkan kepada Ponpes Riyadhul Quran dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Seiring dengan semakin meluasnya infrastruktur jaringan kami di seluruh Indonesia, kami berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren,” katanya.

Gede lebih jauh mengungkapkan, XL berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam berbagai hal, khususnya kemajuan pendidikan di lingkungan ponpes dengan program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan.

Selain di DIY, ponpes yang terpilih menerima donasi ini tersebar di berbagai provinsi, antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, hingga Sulawesi Utara.

Bantuan yang diberikan diharapkan tidak hanya memperlancar akses informasi dan pengetahuan untuk santri dan pengajar, tetapi juga membuka peluang lebih luas bagi pesantren untuk mengintegrasikan sistem pembelajaran digital dalam kurikulum mereka.

Sementara itu, pimpinan Ponpes Riyadhul Quran, Ustadz Rohmanto, mengatakan, para penerima manfaat dalam hal ini ponpes tentunya sangat menyambut baik program Gerakan Donasi Kuota (GDK) dari XL ini.

“Pesantren saat ini berlomba-lomba untuk memberikan pendidikan terbaik kepada para santrinya. Dengan hadirnya bantuan ini tentunya akan sangat membantu pesantren untuk lebih berkembang lagi,” katanya.

Bantuan router dan paket data sebesar 20GB yang disalurkan selama satu tahun ini juga mencerminkan upaya XL Axiata dalam mendukung program GDK yang merupakan langkah nyata perusahaan dalam membantu pemerataan pendidikan digital di Indonesia.

Selain memberikan bantuan router dan kuota data, XL pada Ramadhan tahun ini, melalui program XL Axiata Peduli kembali menyalurkan donasi sembako ke 60 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di DIY dan Jawa Tengah sendiri.

Hery Priyono