blank
Ketua DP Korpri Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menyerahkan bantuan dari organisasi tersebut kepada korban banjir, diterima Petinggi Gerdu, Kecamatan Pecangaan Winaryo Wibowo

JEPARA(SUARABARU.ID) – Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Jepara, memberi bantuan kepada korban banjir di “Kota Ukir”. Bantuan beras sebanyak satu ton diserahkan Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko di dapur umum yang berada di Balai Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan pada Senin (18/3/2024) pagi.

Bantuan itu diterima Petinggi Gerdu Winaryo Wibowo. Sedangkan Edy Sujatmiko didampingi sejumlah pengurus Korpri Kabupaten Jepara.

“Penempatan bantuan untuk (dapur umum di) Desa Gerdu ini sesuai pemetaan yang dilakukan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah -red) Kabupaten Jepara. Berdasar koordinasi dengan BPBD, beras bantuan dari Kopri ditempatkan di desa ini. Sedangkan di desa-desa lain yang juga mengalami bencana banjir, diberikan bantuan dari sejumlah lembaga lain.,” kata Edy Sujatmiko.

Sebelum bantuan ini, kata Edy Sujatmiko, Kopri Jepara juga telah mengirim bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Purwodadi dan Kabupaten Demak yang lebih dahulu mengalami bencana banjir. Pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepekaan sosial seluruh anggota Korpri di Jepara atas sejumlah bencana yang terjadi.

“Ini bentuk empati anggota Kopri Kabupaten Jepara kepada para korban banjir. Kami harap bisa ikut meringankan beban yang disangga para korban,” tambah Edy Sujatmiko.

Desa Gerdu merupakan salah satu desa terdampak bencana banjir di Jepara. Hingga tengah malam sebelum penyerahan bantuan, data yang dihimpun BPBD Kabupaten Jepara menyebut, di desa ini terdapat 206 kepala keluarga (KK) dengan 750 jiwa yang terdampak. Ketinggian air di desa ini mencapai 70 centimeter. Selain itu, 97 hektare sawah juga terendam.

Dapur umum yang berada di desa ini, melayani kebutuhan berbuka puasa dan sahur untuk korban banjir di sejumlah desa. Selain korban banjir di Desa Gerdu, nasi bungkus dari dapur umum Gerdu juga didistribusikan ke Desa Kaliombo (Pecangaan), Batukali (Kalinyamatan), dan Welahan (Welahan).

Hadepe – Bakopi