blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang disela-sela kunjungannya di wilayah terdampak juga telah mengunjungi dapur umum di Desa Sowan Kidul

JEPARA (SURABARU.ID) – Masyarakat terdampak banjir di Desa Sowan Kiddul, Kecamatan Kedung, Jepara meresa sangat terbantu dengan adanya dapur umum Disospermades Kabupaten Jepara yang menyiapkan makan untuk mereka, baik buka puasa maupun sahur. Sebab disamping rumah mereka tergenang air, gas elpiji juga sulit didapat.

Kepala Disospermades Kabupaten Jepara Edy Marwoto saat dihubungi SUARABARU.ID Senin (18/3-2024) menjelaskan Dapur umum yang berada di Balai Desa Sowan Kidul tersebut telah dibuka mulai Kamis (14/3-2024) malam dengan menyiapkan makan sahur bagi warga terdampak banjir. Sedangkan Jumat dan Sabtu menyiapkan makan untuk buka puasa dan sahur.

blank
Para relawan di dapur umum Desa Sowan Kidul

Sedangkan hari Minggu malam dan Senin pagi disiapkan makan untuk buka dan sahur 4.126 orang. Jumlah ini meningkat karena luasan banjir bertambah sebab adanya limpasan air bah dari sungai Pule Gerdu dan Kaliombo karena curah hujan yang tinggi.

Edy Marwoto juga menjelaskan, untuk pelaksanaan dappur umum ttersebut fihaknya mengggandeng relawan Kampung Siaga Bencana Desa Sowan Kidul dan masyarakat setempat yang guyub rrukun dalam penanggulangan bencana. Sedangkan distribusi makanan dilakukan oleh perangkat desa, RT dan RW, Tagana dan relawaan lainnya.

blank
Para relawan dapur umum Sowan Kidul

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang disela-sela kunjungannya di wilayah terdampak juga telah mengunjungi dapur umum di Desa Sowan Kidul. Ia memberikan apresiasi terhadap relaawan yang telah ikut ambiil bagian membantu saudara-saudaranya yang terdampak banjir.

Hadepe