Genangan banjir di Jalan Seruni I Tlogosari, dengan ketimnggian sekitar 40 cm. Foto: Widiyartono R

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hujan deras sejak sekitar pukul 18.00 yang sampai pukul 22.15 belum juga reda mengakibatkan banjir parah yang nyaris merata di Kota Semarang.

Dalam kabar yang dibagikan lewat WA Group, dikabarkan Kawasan Kaligawe mengalami banjir parah, meliputi Jalan Raya Kaligawe di perlintasan KA kea rah timur sampai RSI Sultan Agung.

Kemudian Kawasan perumahan Genuk Indah, khususnya Jalan Padi Raya cukup parah. Kemudian Gebang Anom, Jalan Wolter Monginsidi, Kawasan Dong Biru, Sendang Indah.

Keadaan yang sangat parah juga terjadi di Perumnas Tlogosari. Puskesmas Tlogosari di Jalan Taman Satrio Mana dikepung genangan yang cukup dalam, bahkan ada yang ketinggian sampai 80 cm.

Kemudian Jalan Seruni Raya, Jalan Seruni I-XII juga terendam cukup dalam. Puluhan rumah kemasukan air, sehingga pihak pengurus RW secara mendadak menyiapkan lokasi pengungsian di Balai RW dan Masjid Al Mawaddah Jalan Seruni Raya.

Sebuah rumah yang kemasukan air, dan ketinggian air sudah mencapai bagian bawah bumper sebuah mobil. Foto: Widiyartono R

Hal yang sama di Kawasan Wahyu Tumurun, Nogososro yang dekat dengan sungai. Di Perumahan Graha Mukti juga terjadi hal yang sama. “Air sudah masuk ke rumah saya semata kaki,” ujar Tjahjono Rahardjo.

Sedangkan Septi, warga Jalan Seruni mengatakan, air sudah masuk rumah sejak sore hari. “Siang sudah mulai rembes, sehabis magrib air mulai masuk rumah dengan deras. Dan, sampai setengah sebelas mala mini ketinggian air di dalam rumah sudah 40 sentimeter. Kebetulan lantai rumah saya sejajar dengan jalan,” kata dia.

Sedangkan dari Karangayu diperoleh informasi, bahwa Jalan Sudirman juga banjir. “Air sampai masuk ke halaman, tetapi tidak sampai masuk rumah,” ujar Ning, warga Jalan Sudirman.

Sedangkan dalam siaran interaktif sebuah radio swasta, warga melaporkan terjebak kemacetan di beberapa tempat, seperti di Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Majapahit, dan beberapa ruas jalan lain akibat banjir.

Berikut kabar yang beredar di gurp whatsapp berjudul: List Banjir Semarang

  1. Jl Raya Terboyo (Depan RSI Sultan Agung
  2. Jl Raya Kaligawe (Palang Pintu Kereta Arah Timur)
  3. Jl Padi Raya Genuk
  4. Jl Gebang Anom Raya Genuk
  5. Jl Woltermongensidi (SPBU Genuk)
  6. Jl Dong Biru Genuk
  7. Jl Sendang Indah Genuk
  8. Jl Raya Tambak Dalam
  9. Kawasan Industri Terboyo
  10. Jl Raya Tlogosari (Puskesmas Tlogosari Kulon)
  11. Jl Sido Asih Muktiharjo Kidul
  12. Wilayah Wahyu Temurun Tlogosari
  13. Wilayah Nogososro Tlogosari
  14. Jl Raya Muktiharjo Raya
  15. Jl Fatmawati Depan Swalayan Ada
  16. Jl Arteri Soetta Depan Kampus USM
  17. Jl Puspanjolo
  18. Jl Imam Bonjol
  19. Jl Abdurahman Saleh
  20. Bundaran Bubaan
  21. Aloon aloon Johar
  22. IGD RS Karya di
  23. Jl Pamularsih Raya
  24. Wilayah Tanah Mas
  25. Jl WR Supratman
  26. Jl Gajah Raya
  27. Jl Medoho Raya – Terowongan Medoho
  28. Jl Dempel
  29. Kawasan Kampus Udinus
  30. Jl Raya Citarum
  31. Jl Raya Dr Cipto (Depan RS Pantiwiloso)

Widiyartono R