blank
Lapas Semarang bersama Yayasan Harvey Movement bagikan kacamata baca kepada WBP. Foto: Dok/Humas (13/3/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang membagikan kacamata baca dan perlengkapan mandi kepada para narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP), Rabu (13/3/2024).

Dengan menggandeng Yayasan Harvey Movement, Lapas Semarang ingin menunjukkan komitmen kepeduliannya terhadap kesehatan para narapidana.

Berlangsung di Lapangan Futsal Lapas Semarang, sebanyak 500 kacamata dan 1.700 pcs perlengkapan mandi seperti sabun mandi dan lainnya dibagikan secara gratis kepada warga binaan.

Kepala Lapas (Kalapas) Semarang, Usman Madjid menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Lapas Semarang terhadap kesehatan para warga binaannya.

“Pemeriksaan kesehatan mata diberikan secara gratis kepada para warga binaan yang ingin melakukan pemeriksaan. Kacamata baca merupakan kebutuhan yang penting, terutama bagi WBP yang sudah berusia lanjut. Apalagi, tidak semua WBP memiliki kemampuan finansial untuk membeli kacamata. Oleh karena itu, kegiatan ini disambut penuh antusias warga binaan,” kata Usman.

Meskipun lingkup warga binaan dibatasi, petugas pemasyarakatan selaku pengayom dan pembimbing warga binaan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan apa yang mereka butuhkan, dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

IS, salah satu warga binaan mengungkapkan, dengan pemberian kacamata gratis ini dirinya merasa terbantu, kebutuhan kesehatannya terpenuhi.

“Terimakasih kepada jajaran Lapas Semarang dan Yayasan Harvey Movement yang telah memberikan bantuan kacamata dan perlengkapan mandi kepada kami disini. Semoga kegiatan ini berkesinambungan,” ucap IS.

Ning S