blank
Rombongan UKM Promise USM saat berada di Radio USM Jaya. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 23 mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Podcast dan Radio Mahasiswa Universitas Semarang (UKM Promise USM), melakukan kunjungan ke Radio USM Jaya dan RRI Semarang, dengan tema ‘Digital Waves: Unleashing Creativity for The Future of Gen-Z Broadcasting’, Jumat (8/3/2024).

Menurut Ketua Pelaksana, Nazla Sabrina, peserta kegiatan ini tidak hanya untuk mahasiswa UKM Promise, tapi juga diikuti mahasiswa dari UKM lain. Kunjungan ini diadakan untuk mengajak mahasiswa, agar lebih kreatif di masa depan.

”Selain itu juga, memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengetahui tentang ilmu broadcasting dan penyiaran secara langsung, pada media yang bersangkutan,” kata Nazla dalam keterangannya.

BACA JUGA: Himmatisi FTIK USM Gelar Workshop Python

blank
Saat berada di Radio RRI Semarang, rombongan UKM Promise melakukan foto bersama usai kunjungan. Foto: dok/usm

Pada kunjungannya ke Radio USM Jaya, rombongan UKM Promise disambut Kepala Studio Radio USM Jaya Suhariyanto SSos I MIKom, Marketing Radio USM Jaya Siti Choiriyah SE dan perwakilan penyiar Radio USM Jaya, Geril Yuda.

”Kami diperlihatkan ruang siaran, dan juga ruang produksi iklan. Kami juga diberikan materi, mulai bagaimana sistem radio dijalankan, agar sesuai dengan Undang-Undang Penyiaran,” imbuh dia.

Nazla juga mengungkapkan, dalam kegiatan itu juga diterangkan, bagaimana cara kerja bagian periklanan. Karena media radio hidup dari adanya iklan. Juga diterangkan bagaimana cara mengoperasikan alat siar, hingga cara menarik partisipasi pendengar.

BACA JUGA: Peduli Kelestarian Alam, Bersama Relawan Tanam Pohon Penghijauan

Di hari yang sama, rombongan UKM Promise USM juga mengunjungi RRI Semarang. Rombongan diperlihatkan beberapa ruangan, seperti ruang studio, podcast, MCR, pantry, Ruang Pro 1, Pro 2 dan Pro 3.

”Di RRI, kami juga diberikan beberapa materi, seperti sejarah RRI, program-program yang mereka miliki, penyiaran radio, berita, teknologi informasi perangkat peralatan, serta Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU),” imbuh Nazla.

Dia berharap, kegiatan kunjungan itu dapat memperdalam dan menambah ketertarikan pada dunia broadcasting, khususnya radio di kalangan Gen-Z.

Riyan