Proses evakuasi korban yang tertimpa pohon tumbang di Kudus. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Kudus, Sabtu (8/3) petang, memakan korban. Tiga orang pengendara motor tertimpa pohon tumbang. Akibatnya, satu diantaranya meninggal dunia dan sisanya harus menjalani perawatan lantaran mengalami luka serius.

Data dari BPBD Kabupaten Kudus, satu korban tewas yakni Bernama Sugiyanto, warga Desa Cendono, Kecamatan Dawe. Korban tertimpa pohon tumbang di Kawasan jalan Raya Jurang, Kecamatan Gebog.

Sedangkan dua korban lain yakni warga Gondangmanis yang mengalami luka-luka, tertimpa pohon tumbang di sekitaran wilayah jalan lingkar utara.

Kepala pelaksana harian BPBD Kudus Mundir mengungkapkan, ketiga korban semuanya tertimpa pohon tumbang saat melintas di saat hujan deras. Ketiganya sebenarnya sudah berhasil dievakuasi untuk mendapat pertolongan medis, namun naas satu korban diantaranya tidak bisa diselamatkan.

”Untuk yang tertimpa di Jalan Raya Jurang dilarikan ke RS Mardi Rahayu, namun tidak tertolong, sementara dua orang yang tertimpa di Jalan Lingkar Utara dilarikan ke RSUD Kudus, kini mendapat perawatan,” ucap Mundir, Sabtu malam.

Secara keseluruhan, Mundir sendiri merincikan untuk 15 titik yang terjadi pohon tumbang ialah di Jalan Lingkar Utara Depan Nojorono, Jalan Raya PR Sukun, Gebog, Jalan Kampus UMK, Desa Karangmalang, Jalan R Agil Kusumadya selatan RS Mardi Rahayu, Desa Karangbener.

Kemudian pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Jurang, area PR Sukun sebanya 2 titik, Jalan Besito – Kauman, Desa Lau Pacikaran Dawe dan Desa Menawan di 5 titik.

Berdasarkan hasil pengumpulan data, seluruh pohon yang ambruk berada dalam kondisi yang sudah tua dan lapuk. Sehingga saat terjadi hujan deras siang tadi, pohon-pohon itu langsung ambruk.

”Pohon tumbang disebabkan hujan deras disertai angin kencang dan kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk,” tuturnya.

Di beberapa lokasi tumbangan pohon juga sempat terjadi kemacetan karena tumbangan pohon menutup seluruh badan jalan. Ranting-rantingnya juga menimpa sejumlah kabel jaringan.

”Saat ini beberapa tumbangan pohon sudah berhasil kami evakuasi,” ungkapnya.

Ali Bustomi