blank
Rektor USM, Dr Supari, saat mewisuda salah satu lulusan. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT, mewisuda 1.044 lulusan, dalam Upacara Wisuda Ke-67 USM, di Auditorium Ir Widjatmoko dan Auditorium Prof Dr Muladi SH, pada Rabu (6/3/2024).

Sebanyak 1.044 lulusan itu, terdiri dari lulusan program studi (reguler) S1 Ilmu Hukum 110 orang, S1 Manajemen (297), S1 Akuntansi (200), S1 Teknik Sipil (52), S1 Teknik elektro (18), S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (25), S1 Teknologi Hasil Pertanian (44), S1 Psikologi (12), S1 Sistem Informasi (17), S1 Teknik Informatika (28), S1 Ilmu Komunikasi (33), S1 Pariwisata (3).

Untuk lulusan program sarjana (lintas jalur) S1 Manajemen 17 orang, S1 Akuntansi (5), S1 Teknik elektro (5), S1 Teknologi Hasil Pertanian (1), S1 Sistem Informasi (2), S1 Teknik Informatika (3), S1 Ilmu Komunikasi (2).

BACA JUGA: Catatan Pemilu Legislatif 2024 (Bagian 1)

Untuk lulusan Magister Manajemen 34 orang, Magister Hukum (11), Magister Psiokologi (3). Adapun lulusan Diploma 3 Manajemen Perusahaan ada 22 orang.

Hadir dalam upacara wisuda kali ini, antara lain Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Ketua Senat Universitas Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog.

Ada juga Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II USM Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, mantan Rektor USM Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME, para dekan dan sejumlah kolega USM.

BACA JUGA: Ita Inisiasi Penyusunan Buku, Ingin Kenalkan Sejarah Semarang ke Generasi Muda

Dalam sambutannya, Supari menyampaikan, hingga saat ini USM sudah mempunyai alumni lebih dari 49 ribu orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada juga di mancanegara.

Menurut dia, USM telah membekali para wisudawan dengan berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, serta nilai-nilai yang akan membentuk karakter intelektual yang berke-Indonesia-an.

”Saya yakin, dengan bekal ilmu yang ada, para lulusan USM akan mampu ambil peran, tampil memberi solusi pada persoalan sosial masyarakat, menjadi subjek, menghadirkan manfaat, menjadi agen perubahan dalam suasana yang harmoni dan menjadi orang orang yang berprestasi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Wali Kota Semarang Minta Semua Pihak Ikut Monitor Harga Bahan Pokok

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM menyatakan, USM merupakan universitas yang digagas oleh tokoh-tokoh ternama dari Undip.

”Saya selaku Ketua Pengurus Yayasan Alumni Universitas Diponegoro, mengucapkan terima kasih kepada bapak, ibu yang telah menitipkan putra dan putrinya untuk studi di Universitas Semarang,” katanya.

Riyan