blank
Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibe saat menerima piala Adipura. Foto:ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus sukses meraih piala Adipura tahun 2023. Piala Adipura diterima langsung oleh Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie dari Kementerian LHK dalam sebuah acara di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Selasa (5/3).

Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Kudus Abdul Halil saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, saat ini pihaknya bersama rombongan segera bertolak menuju Kudus untuk membawa pulang piala Adipura.

“Iya, saat ini dalam perjalanan pulang,”kata Halil saat dikonfirmasi Selasa (5/3).

Meski demikian, kata Halil, atas petunjuk Pj Bupati, tidak ada seremoni arak-arakan dalam penyambutan piala Adipura. Kemungkinan prosesi penyambutan akan dilakukan secara sederhana.

“Kalau biasanya setelah arak-arakan akan dilakukan prosesi penyerahan piala Adipura dari Bupati ke Ketia DPRD. Tapi untuk kali ini, atas petunjuk Pj Bupati, tidak ada acara penyambutan meski secara anggaran kami sudah mempersiapkan,”tandasnya.

Halil melanjutkan, Adipura adalah instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

Penghargaan Adipura merupakan suatu bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dengan baik.

Keberhasilan Kabupaten Kudus dalam meraih penghargaan Adipura untuk periode tahun 2023 ini merupakan hasil dari usaha keras, kerja sama dan keterlibatan berbagai pihak dari berbagai elemen, yaitu Pemerintah Daerah, Masyarakat dan stakeholder melalui perannya masing-masing.

Sebelum penghargaan tahun ini, Kabupaten Kudus pernah menerima penghargaan Adipura pada tahun 2009, 2010, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2022, dan tahun 2023. Pada tahun 2018, Kabupaten Kudus memperoleh penghargaan Adipura Kencana. Pada tahun 2020 dan 2021, karena pandemi, penilaian Adipura tidak dilaksanakan.

Total sejumlah 12 penghargaan Adipura yang telah diraih Kabupaten Kudus dan ke depan pihaknya menargetkan untuk bisa meraih Piala Adipura Kencana.

“Syarat diraihnya Piala Adipura Kencana diantaranya yaitu mendapatkan Piala Adipura 3 (tiga) tahun terakhir, sehingga diperlukan komitmen dan kerja sama multi pihak agar harapan mendapatkan Piala Adipura Kencana ini dapat terwujud,”tukasnya.

Halil juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat secara langsung atau tidak dengan penilaian Adipura.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan ke pihak swasta, serta semua pihak yang telah membantu diraihnya piala Adipura,”tukasnya.

Ali Bustomi