blank
General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada. (foto hp)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menyambut Lebaran Tahun 2024, PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melakukan berbagai persiapan, salah satunya menggelar kegiatan Runway Safety Team, Selasa (5/3/2024).

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada, mengatakan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara, serta sebagai bentuk pengendalian terhadap keselamatan operasional penerbangan.

Kegiatan Runway Safety Team sendiri diselenggarakan di Airport Convention Center Bandara Ahmad Yani dengan dihadiri oleh sejumlah stakeholder bandara serta para pelaku di dunia penerbangan.

“Menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024, Bandara Ahmad Yani melaksanakan berbagai persiapan. Seperti kegiatan Runway Safety Team ini merupakan komitmen kami memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa dalam hal keamanan dan juga kenyamanan,” ujar Fajar.

Adapun dalam Runway Safety Team kali ini, memetakan beberapa potensi ancaman terhadap keselamatan Operasi Penerbangan, antara lain penanganan Wildlife Hazard Management di bandara, yaitu penanggulangan Bird Strike atau serangan hewan liar khususnya dari burung liar di area bandara yang sangat berpotensi mengganggu operasional penerbangan.

Selain itu, potensi runway Incursion dan Excursion potensi hazard di area airside, pengaplikasian Teknologi Smart Stream AI, dan terakhir yakni kesiapan menghadapi Posko Lebaran Tahun 2024 yang rencananya akan diselenggarakan pada H-7 sampai dengan H+7 Hari raya Idul Fitri tahun 2024.

“Untuk Posko Lebaran 2024 ini nanti melibatkan para stakeholder terkait untuk memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara,” katanya.

Tak hanya itu saja, Bandara Ahmad Yani telah mengoptimalkan kesiapan jumlah personil untuk kesiapan pelayanan, baik dari sisi AP I maupun dari Mitra Kerja serta Mitra Usaha, Penyediaan kesiapan fasilitas yang sudah dilakukan audit/monitoring dari Otoritas Wilayah III Surabaya.

Selain itu, dilakukan pula penyesuaian jam pelayanan bandara selama periode Posko yaitu pukul 07.00 WIB – 19.00 WIB, penyesuaian kapasitas penumpang guna memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang dan maskapai dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat selama periode Liburan Lebaran Tahun 2024.

Dan terakhir adalah Contingency & Emergency yaitu penyiapan dokumen dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi yang memerlukan penanganan cepat hingga kesiapan atas kondisi terburuk/emergency.

“Pokoknya untuk menyambut Lebaran kali ini kita benar-benar mempersiapkan, ini semua demi kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa penerbangan di Bandara Ahmad Yani,” pungkasnya.

HP