blank
BUPATI CUP - Atlet pemula Taekwondo tengah beraksi di Kejuaraan Bupati Cup. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) bersama Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kabupaten Batang mempersiapkan para atlet pemula dalam training center usai menjuarai Bupati Cup 2024. Hal itu sebagai langkah persiapan, sebelum dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan.

Kepala Disparpora Batang Yarsono menyampaikan, berbagai persiapan harus dilakukan seawal mungkin, salah satunya kaderisasi melalui Bupati Cup, untuk menjaring atlet-atlet berkualitas.

“Pada 20 April nanti Batang akan mengirim atlet untuk bertanding di tingkat eks-Karesidenan, dengan mengikutkan ke training center, supaya segala sesuatunya lebih siap,” katanya, usai membuka Kejuaraan Taekwondo Bupati Cup, di GOR Abirawa Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (2/3/2024).

Pelatih Utama Taekwondo Batang Supo Utoyo menerangkan, pengurus cabang intens menggelar kejuaraan untuk menjaring atlet-atlet pemula, yang dikolaborasikan dengan berbagai even. Salah satunya melalui Bupati Cup yang disinergikan dalam menyambut Hari Jadi Ke-58 Kabupaten Batang.

“Sebanyak 540 peserta dari jenjang SD hingga SMA se-Kabupaten Batang ikut serta dalam kejuaraan ini. Untuk mencari atlet-atlet bibit unggul yang disiapkan dalam kejuaraan Popda, Dulongmas, Porprov hingga even nasional,” terangnya.

Prestasi para atlet taekwondo Kabupaten Batang di tingkat provinsi, di tahun 2018 lalu berada di peringkat 12. Diakuinya, meski dengan sarana prasarana yang masih minim, namun semangat yang tinggi memotivasi atlet pemula untuk berprestasi di tingkat provinsi.

“Kami targetkan 8 atlet Batang meraih medali emas di kejuaraan Popda, untuk kategori SMA, yang akan digelar 20 April mendatang,” ujar dia.

Nur Muktiadi