blank
Penampilan salah satu perwakilan peserta Lomba Busana Adat Nusantara dalam Rangka Dies Natalis 48 UNS, 28/2/24. Foto: UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pelbagai kegiatan digelar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam rangka memperingati Dies Natalis 48 perguruan tinggi setempat.

Satu di antaranya berupa Lomba Busana Adat Nusantara diikuti 22 peserta dari perwakilan fakultas dan unit kerja perguruan tinggi setempat, dibuka Wakil Ketua Dies Natalis ke-48 UNS, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D, Rabu (28/2).

Ketua Bidang IX Dies Natalis ke-48 UNS, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd. menjelaskan, Lomba Busana Adat Nusantara dilatarbelakangi bahwa Indonesia merupakan negara multikultural yang besar.

blank
Perwakilan peserta pemenang lomba Busana Adat Nusantara dalam rangka Dies Natalis 48 UNS, 28/2/24. Foto: UNS

Negara dengan beragam budaya, termasuk adat istiadat dan juga busana. Untuk peserta Lomba Baju Adat Nusantara diikuti  seluruh fakultas dan unit yang ada di UNS. Antusiasme peserta besar. Namun karena keterbatasan waktu, panitia membatasi setiap unit atau fakultas hanya ada satu penampilan. Total ada 22 peserta.

“Kita memiliki busana adat Nusantara dengan jumlah bukan hanya ratusan tapi ribuan. Ini harus dirawat bersama dan dilestarikan. Ini menjadi komitmen kami, menyelenggarakan lomba busana adat. Keragaman yang dimiliki harus dirawat bersama. Tujuannya yakni agar kita tetap bersatu dalam rangka membangun Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju,” kata Prof. Sarwiji.

Dari Humas UNS diperoleh keterangan, lomba yang berlangsung melibatkan tiga juri diketuai  Bambang Sugiarto. Juara pertama diraih  perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Juara kedua 2 diraih perwakilan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Juara ketiga diraih perwakilan Fakultas Hukum (FH) Sedangkan juara harapan satu dan dua masing masing diraih perwakilan  FKIP serta perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS.

Bagus Adji