Anak-anak kecil yang bergembira menyambut festival dugderan. Foto : Tirza

SEMARANG ( SUARABARU.ID)  – Menyambut bulan puasa Ramadan, menjadi tradisi bagi warga  Kota Semarang, menyambutnya pasar Dugderan yang digelar di kawasan Alun-alun Semarang, tepatnya di jalan Ki Nartosabdo (28/02/2024).

Dugderan mulai dari 28 Februari 2024 hingga 8 Maret 2024, dengan dimeriahkan sekitar 100 lapak penjual makanan, minuman, dan juga mainan. Kegiatan mulai buka pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Para pedagang yang ikut memeriahkan agenda pasar Dugderan, dengan semangat menjual berbagai jenis makanan, minuman, dan mainan demi mengundang banyak pengunjung. Di sekitar lapak kuliner juga telah disediakan banyak tempat duduk yang nyaman sehingga para pengunjung tidak usah risau jika ingin duduk menikmati kuliner yang telah dibeli.

Lapak kuliner yang memeriahkan tradisi pasar dugderan di kawasan Alun-alun Semarang. Foto : Tirza

Selain bertujuan untuk memeriahkan pasar Dugderan juga, para pedagang sangat menantikan acara Dugderan ini. Pada musim dugderan pendapatan biasanya meningkat sekitar 10 persen dari hari-hari biasa,”  kata seorang pedagang.

Selain Pedagang yang bersemangat dengan diadakannya tradisi Dugderan ini, masyarakat terutama anak-anak yang tidak sabar untuk melihat berbagai agenda acara yang telah dipersiapkan oleh pemerintah Kota Semarang tahun ini.

“Senang bisa main di sini, banyak tontonan dan mainan,” ujar seorang anak yang datang ke lokasi bersama teman-temannya.

Rachel Tirza/ Anggry Pello