blank
Untuk menjaga kebugaran, para Adi Yuswa yang tergabung dalam Posyandu Lansia Ngudi Saras di Kampung Madyorejo, Jetis, Sukoharjo, secara rutin melakukan senam sehat bersama.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Tanpa dapat dicegah, usia makin hari makin bertambah. Menyikapi proses alami tersebut, para Adi Yuswa yang tergabung dalam Posyandu Lansia ”Ngudi Saras’ punya cara untuk menjaga agar tetap sehat dan bugar.

Koordinator Kegiatan Posyandu Lansia Ngudi Saras, Begug SW, menyatakan, Posyandu Lansia Ngudi Saras (Ikhtiar Sehat), berada di Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo. Secara rutin, setia memberikan pelayanan kepada warga yang usianya telah lebih dari 60 tahun.

Ada sebanyak 20 para Adi Yuswa (Lansia) yang secara rutin menerima pelayanan dari Posyandu Lansia Ngudi Saras. Pemberian pelayanan dilakukan di rumah Sugino dan Drg Ika. Warga Lansia mendapatkan pelayanan penimbangan berat badan dan pemeriksaan kesehatan, termasuk cek tensi (tekanan darah).

Suwarno Sukeng, menyatakan, cek tekanan darah penting dilakukan secara rutin, sebagai upaya memonitor derajat kesehatan masing-masing. Pelayanan pemeriksaan kesehatan para Adi Yuswa ini, ditangani oleh Tim Kesehatan Pimpinan Drg Ika Kusumawati bersama Bidan Mafhtukhah Budiati dan Apoteker Erlina Pransiscawati S Farm.

Senam sehat bersama yang dipimpin Drs H Suroto. Kegiatan ini diawali dengan berdoa bersama, dan penyampaian tausyiah singkat berisi nasihat tentang bagaimana cara Lansia agar tetap sehat, supaya tetap kuat dalam beribadah. Baru kemudian dirangkai dengan senam sehat bersama, yang gerakannya dirancang terukur untuk kondisi para Sepuh.

Seusai senam, mereka beristirahat untuk minum dan menikmati snack. Kemudian dilanjutkan kegiatan pemeriksaan kesehatan yang meliputi cek kadar gula darah, kolesterol, asam urat. ”Hasilnya, rata-rata semua baik atau normal,” jelas Erlina.
Bambang Pur