blank
EVAKUASI - Babinsa Jatibarang Serka Widodo bersama relawan melakukan evakuasi warga Desa Buaran, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Senin (26/2/2024). (Foto: Sutrisno)

BREBES (SUARABARU.ID) – Sejumlah desa di Kecamatan Jatibarang dan Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes terendam, Senin (26/2/2024).

Menurut warga banjir akibat Sungai Pemali tidak lagi bisa menahan lupakan air hingga ke pemukiman warga. Tiga desa seperti Desa Buaran, Desa Waru, dan Desa Kedungtukang Kecamatan Jatibarang ketinggian air mencapai 60 cm. Banjir mengakibatkan jalur penghubung Jatibarang-Brebes tidak bisa dilewati kendaraan.

Galih Aditya Purboyo (28) warga RT 01/RW 1 Desa Buaran, Kecamatan Jatibarang menyampaikan, air ke pemukiman warga mulai Senin (26/2/2024) subuh. “Air merupakan luapan dari Kali Pemali. Ketinggian air rata-rata mencapai lutut orang dewasa,” terang Galih.

Selain Desa Buaran, kata Galih, banjir juga melanda Desa Waru, dan KedungtukangĀ  Kecamatan Jatibarang. Galih berharap pemerintah segera memberi bantuan. Dan tanggul yang ada di Kali Pemali agar ditinggikan lagi. Karena hampir setiap tahun selalu terjadi seperti ini,” pinta Galih.

Terpisah Babinsa Jatibarang, Kabupaten Brebes Serka Widodo usai melakukan evakuasi warga menyampaikan, sudah sekira 20 jiwa sudah dievakuasi ke Masjid At Taubah Desa Buaran.

Sutrisno