blank
UJIAN - Sejumlah karateka Inkai Kota Tegal tengah mengikuti ujian kenaikan tingkat. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 195 Karateka Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Kota Tegal mengikuti ujian kyu  (kenaikan tingkat) di Lapangan Tenis indoor Kodim 0712/Tegal, Minggu (25/2/2024). Ujian kyu diikuti 15 ranting dari 23 ranting yang ada di Kota Tegal.

“Ujian kyu Inkai Kota Tegal kali ini merupakan semester I Tahun 2024 diikuti 195 Karateka,” kata Ketua Inkai Kota Tegal, M Azanu Mufid SH M Si.

Dijelaskan, ujian tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu, teknik beladiri Inkai dan meningkatkan prestasi karate dengan sertifikat resmi. Selain menjalin silaturahmi juga untuk memupuk rasa kebersamaan antar anggota yang tergabung dalam Inkai Cabang Tegal.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya pembinaan satuan dalam membentuk karakter anggota Inkai yang kuat secara fisik dan mental serta memiliki jiwa kesatria. Selain itu, merupakan salah satu proses dari pembelajaran beladiri perguruan karate dalam rangka untuk mengisi dan meningkatkan kemampuan bela diri,” ujar Mufid.

Sementara Sekretaris Inkai Cabang Tegal, Sensei Mukartono menjelaskan, kenaikan tingkat juga dalam rangka menciptakan bibit-bibit karateka baru guna disiapkan untuk mengikuti kejuaraan.

“Dari 195 peserta yang mengikuti dari sabuk putih sebanyak 51 karateka, sabuk kuning 56, hijau 35, biru 35, dan coklat 18 karateka,” terang Mukartono.

Dalam proses ujian kenaikan tingkat, kata Mukartono ada dasar penilaian ujian yang mesti diperhatikan yakni disiplin dan menguasai materi, sehingga karateka yang memenuhi kriteria yang akan lulus ke jenjang sabuk berikutnya.

Melalui ujian kenaikan sabuk ini, Mukartono berharap dapat mengenalkan generasi muda Kota Tegal khususnya karateka Inkai Tegal. “Momentum ini juga sebagai ajang silaturahmi sesama anggota Inkai,” tutupnya.

Sutrisno