Peserta melakukan penjelajahan di alam bebas, kawasan persawahan. Foto: Al Mubarok

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ambalan Pangeran Diponegoro dan Dewi Sartika Gugus Depan Grobogan  09-095/09-096 yang berpangkalan di Madrasah Aliyah Al Mubarok Ngaringan, Grobogan menyelenggarakan kegiatan perkemahan yang digelar Jumat-Minggu, 23 – 25 Februari 2024

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang jumlahnya 27 orang mengikuti kegiatan penjelajahan di alam bebas.

Selama penjelajahan para peserta berkewajiban memahami materi dan tugas yang diberikan di masing-masing pos.

Menurut Kak Ahmad Choirul Huda Ketua Gugus Depan, dalam penjelajahan para peserta berkewajiban untuk memahami dan menyelesaikan tugas di pos.

Ada beberapa pos yang harus dilalui oleh para peserta yaitu pos pengetahuan keagamaan, pos pengamalan  Tri Satya dan Dasa Darma,  sejarah kepramukaan, yel-yel, pos Peraturan Baris Berbaris, teknik kepramukaan, ambalan, sandi-sandi, morse dan semafor.

“Materi  tersebut sengaja dikemas dan dilaksanakan di alam bebas, sehingga disamping melatih fisik juga menjadi kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan secara berkelompok.,” ujar Kak Ahmad Choirul Huda.

Para peserta diharapkan menguasai teknik kepramukaan dan memahami sejarah kepramukaan serta sejarah Ambalan Pangeran Diponegoro dan Dewi Sartika sehingga terinspirasi akan perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan yang menjadi nama ambalam.

“Sehingga dari inspirasi dan keteladanan dari para pahlawan tersebut menjadikan kegiatan kepramukaan di Gugus Depan Grobogan yang berpangkalan di Madrasah Al Mubarok Ngaringan semakin aktif,” ujarnya.

Tya Wiedya