blank
SMP Muhammadiyah Keling memberikan waktu dan ruang para siswa kelas 7 dan kelas 8 untuk melaksanakan aksi nyata P5 yang ke-2.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Salah satu ciri Implemantasi Kurikulum Merdeka adalah terlaksananya kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Ada beberapa tema yang bisa dipilih. SMP Muhammadiyah Keling di tahun ajaran 2023/2024 ini mengambil tema suara demokrasi untuk kelas 7 dan bangunlah jiwa dan raganya untuk kelas 8.

Tahapan pelaksanaan P5 membutuhkan waktu kira-kira 3 minggu. Mulai dari assesmen awal menggali pengetahuan para siswa terkait tema sampai pada aksi nyata ssbagai bukti sejauh mana para siswa memahami tema yang dipilih.

Belum lama ini SMP Muhammadiyah Keling memberikan waktu dan ruang para siswa kelas 7 dan kelas 8 untuk melaksanakan aksi nyata P5 yang ke-2.

blank
Kelas 8 memperdalam materi bullying sebagai salah satu cara membentuk karakter baik dan pembuatan poster anti bulliying

Menurut Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Keling Siti Nurhidayah, aksi nyata yang dilakukan kelas 8 adalah pertunjukkan gerakan senam dengan irama lagu P5. Dengan sempel penampilan juara 1,2 dan 3. Semangat dan antusias mereka tidak kalah dengan adik-adik kelasnya. “Disamping itu kelas 8 memperdalam materi bullying sebagai salah satu cara membentuk karakter baik dan pembuatan poster anti bulliying,” tambahnya.

blank
Sedangkan Penataan ruangan seperti pada pesta demokrasi merupakan unjuk kerja kelas 7 setelah mengamati TPS ( Tempat Pemungutan Suara ) Pemilu 2024

Sedangkan penataan ruangan seperti pada pesta demokrasi merupakan unjuk kerja kelas 7 setelah mengamati TPS ( Tempat Pemungutan Suara ) Pemilu 2024 didekat rumah mereka masing-masing beberapa waktu yang lalu. Pun demikian juga kemasan yang disajikan, asesoris dan perlengkapannya’ pungkasnya.

Kerja sama yang aktif oleh bapak ibu guru yang tulus hati dalan mendampingi proses pembentukan karakter para siswa yang bertajuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selalu dilaksanakan di lembaga pendidikan SMP Muhammadiyah Keling. Hal ini selain mensukseskan implementasi Kurikulum Merdeka juga sebagai usaha mewujudkan visi sekolah.

blank
Siswa memberikan suara nya

Untuk pelaksanaan suara demokrasi kelas 7 dalam aksi nyatanya pemilihan ketua ikatan pelajar Muhammadiyah( IPM) tahun 2024 / 2025. Sebagai pasangan calon pertama Muhammad Al Farizi dan Muhammad Rifan Alfiansyah kelas 8 mendapatkan suara 51 sedangkan pasangan calon kedua Junaerly dan Arum mendapatkan 13 suara dari 67 pemilih serta 3 diantaranya suara tidak sah.

Hadepe – Kusnitah