blank
Aktivitas di stasiun wilayah Daop 4 Semarang. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket KA untuk periode Angkutan Lebaran 2024 mulai 45 hari sebelum keberangkatan yang dimulai pada Kamis (15/2) untuk H-10 lebaran atau untuk tanggal 31 Maret 2024.

“Untuk pembelian H-3 lebaran atau Minggu, 7 April 2024 yang merupakan tanggal favorit mudik lebaran dapat dilakukan pemesanan pada Kamis 22 Febaruari 2024 mulai dini hari nanti, yakni pukul 00.00 WIB,” ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/2/2024).

Menurut Franoto, pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Franoto menyampaikan, hingga hari ini Rabu (21/2) pembelian tiket KA untuk 31 Maret 2024 (H-10 lebaran) sampai dengan 6 April 2024 (H-4 lebaran) masih banyak tersedia. Tercatat okupansi keterisian tempat duduk masih berkisar 9% dibanding jumlah tempat duduk yang disediakan sejumlah 17.270 tempat duduk per harinya.

“KAI mengingatkan kepada masyarakat agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket KA. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya,” pesannya.

Dalam mempersiapkan masa Angkutan Lebaran 2024, PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang telah melaksanakan berbagai upaya untuk terciptanya perjalanan kereta api yang aman lancar dan selamat.

Salah satunya, KAI telah mennggencarkan program Management Safety Walkthrough (MSWT), dimana pada program ini melibatkan top manajemen KAI mulai dari Komisaris, Direksi hingga setiap Kepala Daerah yang akan memeriksa tempat kerja dan seluruh lintas operasional kereta api untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan memastikan SOP serta protokol kesehatan pada setiap unit kerja dipenuhi.

“MSWT ini sangat penting untuk menjaga lingkungan kerja yang aman, nyaman, mencegah kecelakaan, serta meningkatkan produktivitas organisasi secara keseluruhan untuk terciptanya keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” terang Franoto.

KAI bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga telah melaksanakan Rampcheck SPM (Standar Pelayanan Minimum) Angkutan Lebaran 2024 dengan memeriksa 7 stasiun pelayanan penumpang dan 12 kereta api penumpang di wilayah Daop 4 Semarang.

“Pelaksanaan Rampcheck ini untuk memastikan semua layanan yang menyangkut perkeretaapian tersedia dengan baik sesuai dengan SPM khususnya dalam menjelang angkutan lebaran tahun 2024,” ungkapnya.

Disebutkan, KAI Daop 4 Semarang juga telah melakukan kerja sama dengan Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang BMKG Provinsi Jawa Tengah dalam memprakirakan cuaca yang bertujuan untuk mempersiapkan jika terjadi cuaca ekstrim yang akan terjadi di sepanjang lintas operasional kereta api di wilayah Daop 4 Semarang.

“Melalui berbagai upaya yang telah dilakukan KAI diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada seluruh pelanggan kereta api sekaligus menciptakan perjalanan kereta api pada masa Angkutan Lebaran tahun 2024 dengan aman nyaman dan selamat,” pungkasnya.

Ning S