blank
Presiden Jokowi saat melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan AHY sebegai Menteri ATR/BPN. Foto: Setkab

(SUARABARU.ID)- Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik dua orang Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dua menteri yang dilantik yaitu, Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Hadi dilantik bersamaan dengan pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pelantikan Hadi Tjahjanto dan AHY dilakukan di Istana Negara. Keduanya diambil sumpah jabatan secara bersamaan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Hadi dan AHY bersamaan, Rabu (21/2/2024).

“Bahwa saya dalam menjalankan sumpah jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap mereka kompak.

Dilansir dari Suara.com, diketahui Hadi sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/BPN. Seiring Hadi dilantik sebagai Menko Polhukam, Jokowi menunjuk AHY sebagai pengganti Hadi di Kementerian ATR/BPN.

Boyong Keluarga saat Dilantik di Istana

Sebelum sama-sama dilantik Jokowi, Hadi Tjahjanto dan AHY didampingi keluarganya masing-masi setiba di Istana. Saat tiba di Istana Negara, AHY tampak mengenakan pakaian sipil lengkap dengan dasi merah dan peci hitam

AHY pun tampak didampingi istri serta anaknya, Annisa Pohan dan Almira Tunggadewi Yudhoyono. Annisa dan Almira terlihat kompak mengenakan kebaya dengan warna serupa.

Sementara, Hadi Tjahjanto dan istri lebih dulu tiba di Istana Negara menjelang pelantikannya sebagai Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD setelah mundur karena maju sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

Claudia