Dekan FKIP UNS Prof. Dr. Mardiyana, M.Si, sedang memberikan sambutan pada  Kuliah Praktisi Pembelajaran Daring Berbasis Metaverse secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang berlangsung di kampus setempat Senin (19/2)Foto: /UNSSka

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Praktisi Pembelajaran Daring Berbasis Metaverse secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Direktur Pemberdayaan Informatika Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Generasi Digital Indonesia (Gradasi) dibuka Dekan FKIP UNS, Prof. Dr. Mardiyana, M.Si, Senin (19/2/2024).

Dekan FKIP UNS Prof. Dr. Mardiyana, M.Si, menyampaikan kegiatan yang berlangsung merupakan implementasi penandatangan perjanjian kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi antara FKIP UNS dan Gradasi.

Pihaknya berharap kuliah praktisi yang berlangsung dapat menyiapkan  peserta dalam memahami dinamika kemajuan teknologi dan digital di dunia kerja.

Peserta pada Kuliah Praktisi Pembelajaran Daring Berbasis Metaverse secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang berlangsung di kampus setempat Senin (19/2). Foto: UNS

“Pada era sekarang ini memang kemajuan teknologi dan digital harapannya bisa diimplementasikan di seluruh kehidupan. Khususnya di dunia pendidikan harapannya bisa membantu sivitas akademika  meningkatkan kualitas pembelajaran. Diadakannya kuliah praktisi ini diharapkan para peserta memahami bagaimana dinamika kemajuan teknologi dan digital tersebut di dunia kerja,” harap Prof. Mardiyana.

Sementara itu Kepala Prodi S-1 TP FKIP UNS Dr Eka Budhi Santosa, M.Pd mengungkapkan, kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis UNS ke-48  dengan penyelenggara FKIP UNS.

Kegiatan ini menjadi bagian dari acara Semar Fest Sebelas Maret Festival) 2024. Semar Fest diadakan setahun sekali dalam rangka merayakan hari jadi UNS.

Secara terpisah dari Humas UNS diperoleh keterangan Kuliah praktisi  diselenggarakan tiga Program Studi (Prodi) yang berada di Kampus IV FKIP UNS. Ketiganya yakni Prodi S-1 Teknologi Pendidikan (TP), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta, dan Prodi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

Kegiatan menghadirkan tiga praktisi di bidang pembelajaran daring berbasis metaverse. Praktisi pertama adalah M. Hertiyadi Alfaqy selaku Ketua DPD Gradasi DKI Jakarta dan CEO PT Ide Kreatif Nusantara. Founder Amiga Fitri Hardiyanti selaku praktisi kedua. Memaparkan materi bertajuk “Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran”.

Ketua Umum Relawan TIK Indonesia Fajar Eri Dianto selaku praktisi ketiga memaparkan materi bertajuk “Netiket Pemanfaatan Metaverse.

Bagus Adji