blank
Wakil Wali Kota KH Mansyur didampingi Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina memeriksa pasukan pada Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2024. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Pemkot Magelang optimis tingkat partisipasi masyarakat mencapai lebih dari 75 persen pada Pemilu serentak, Rabu, 14 Februari 2024. Kota Magelang juga cukup kondusif sepanjang tahapan Pemilu dimulai hingga masa tenang menjelang pemungutan suara.

‘’Target (angka partisipasi) masyarakat di atas 75 persen. Sampai saat ini Kota Magelang juga aman,’’ kata Wakil Wali Kota Magelang, KH M Mansyur, usai menghadiri Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Tahap Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Alun-alun Kota Magelang, Selasa (13/2).

Pihaknya mengapresiasi Apel Pergeseran Pasukan yang digelar oleh jajaran Polres Magelang Kota demi menjamin pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah ini berjalan aman, lancar dan tertib. Dia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi atas suksesnya pesta demokrasi ini.

‘’Kami apresiasi sekali dengan apel pasukan ini, mudah-mudahan Pemilu di Kota Magelang aman, lancar dan tertib. Sehingga masyarakat puas dengan hasil yang diperoleh. Ke depan Kota Magelang semakin sejuk, dinamis dan aman,’’ ungkap ansyur.

Kapolres Magelang Kota AKBP Herlina menerangkan, apel ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan personel, serta sarana dan prasarana yang mendukung dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebelum personel bergeser ke masing-masing lokasi TPS.

Apel pergeseran pasukan ini juga menandakan bahwa Polres Magelang Kota, Kodim 0705 Magelang, Pemkot Magelang, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) siap bekerja sama untuk menyukseskan pemilu.

‘’Kita sudah laksanakan Apel Pergeseran Pasukan yang akan mengamankan masa pungut dan hitung suara yang akan berlangsung mulai 13-15 Februari 2024,’’ terangnya.

Herlina menyebutkan, dalam pengamanan Pemilu 2024, jumlah personel yang terlibat sebanyak 1.341 orang.

Terdiri atas 231 personel Polres Magelang Kota yang terbagi dalam 83 PAM TPS, 31 perwira pengendali, dan 117 personel yang tergabung dalam beberapa satuan tugas, serta 1.110 personel Linmas Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan.

Pengamanan ini akan menjamin keamanan pada 555 TPS, terdiri dari 552 TPS kurang rawan dan 3 TPS rawan, yang tersebar di 31 kelurahan dan desa di Wilayah Hukum Polres Magelang kota (Kota magelang dan Kecamatan bandongan). (prokompimkotamgl)