blank
Sejumlah orang sedang memasak di dapur umum, untuk menyediakan makanan bagi para korban banjir. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Dapur Umum PMI Kabupaten Demak, secara terus menerus menyiapkan makanan siap santap, bagi pengungsi banjir. Dapur umum ini mengerahkan kurang lebih 50 orang relawan pada setiap shift-nya, untuk memasak dan membungkus makanan lebih dari 2.000 bungkus. Dalam sehari disiagakan tiga shift untuk bergantian di dapur umum.

Menurut Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Demak, Mulyanto, dalam sehari tim relawan memasak dan membungkus nasi sebanyak tiga kali. Sehingga pihaknya memberlakukan shift tiga kali selama 24 jam.

”Untuk relawan kita bagi tiga shift, masing masing shift menyiapkan hampir 2.000 bungkus nasi. Jadi kita distribusikan nasi bungkus lebih dari 5.000 bungkus. Alhamdulillah, distribusi nasi untuk hari ini telah selesai pagi 1.511, siang 2.706 dan malam 1.320 bungkus,” kata Mulyanto, Senin (12/2/24) malam.

BACA JUGA: PPK Candisari Distribusikan 1.075 Kotak Suara Logistik Pemilu ke 7 Kelurahan

blank
Para ibu-ibu sedang meracik bahan makanan, untuk kemudian dimasak dan dibagikan untuk para korban banjir. Foto: rudy

Ditambahkan dia, dapur umum tidak hanya di PMI saja, tapi juga ada dari TNI, Polri, BPBD dan lainnya. Untuk di PMI melibatkan relawan PMI, dan bantuan tenaga dari personel ASN,” jelasnya.

Mulyanto juga menyebut, pihak PMI masih membutuhkan donasi dari para donatur. Apapun bantuannya, akan sangat berarti bagi para korban banjir. Karena kebutuhan sehari-hari sangat mendesak, apalagi pengungsi mencapai 22 ribuan jiwa.

Untuk kebutuhan logistik atau makanan, sampai saat ini masih bisa dipenuhi. Namun para pengungsi saat ini sangat membutuhkan alas tidur atau tikar, dan beberapa perlengkapan diri lainnya.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Pemilih Pemula, Nyoblos di TPS 2 Gajahmungkur Semarang

”Yang mendesak adalah kebutuhan pengungsi peralatan non makanan, seperti perangkat tidur, obat anti nyamuk, selimut, alat mandi dan cuci, sabun, odol, sikat gigi, handuk. Kemudian pampers anak dan dewasa, pakaian dalam pria dan wanita,” imbuh dia.

Untuk donasi bisa dialamatkan ke PMI Kabupaten Demak, Jalan Bhayangkara Baru nomor 3, Bogorame. Atau bisa disalurkan ke Bank Jateng PMI Kab Demak Nomor Rekening 3031218101 atau hubungi Vera (0813 2508 6621).

Rudy-Riyan