blank
Pj Bupati Magelang memimpin apel, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Pergeseran petugas pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Magelang dilakukan hari ini (Selasa, 13/2/24). Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto memimpin apel di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, didampingi  Kapolresta Kombes Pol Mustofa dan Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto.

Pj Bupati menyampaikan bahwa untuk keamanan dan kelancaran pemilu dibutuhkan sinergitas antara penyelenggara pemilu dan unsur pendukung lainnya. Apel pergeseran petugas pengamanan TPS Pemilu 2024 itu ditujukan untuk mengamankan 4.407 TPS di wilayah Kabupaten Magelang.
Dia mengajak peserta apel untuk memahami tugas yang diemban, serta menjunjung tinggi keamanan TPS, sehingga menjadi titik awal terwujudnya pemerintahan yang demokratis, amanah dan memiliki legimitasi tinggi dalam lima tahun ke depan.

Dia juga berharap kepada seluruh peserta pengamanan TPS untuk menindaklanjuti tindakan yang sudah dilakukan forkompinda agar pengamanan TPS dapat berjalan dengan optimal.

“Mari kita laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, dan profesional. Kita jaga bersama demokrasi di Kabupaten Magelang agar berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” ajaknya.

Sepyo juga memastikan bahwa persiapan pemilu pada 14 Februari 2024 sudah final 100 persen, tinggal proses pelaksanaannya saja.
Dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam menggunakan hak pilihnya untuk menentukan kepemimpinan lima tahun mendatang.

Menurut dia, pemkab bersama jajaran KPU dan Bawaslu telah mempersiapkan segala sesuatu untuk petugas KPPS dan lainnya di sektor kesehatan. Misalnya memberikan vitamin dan menyiagakan petugas kesehatan, sehingga para petugas pemilu bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Mengingat pengalaman pada Pemilu 2019 banyak petugas yang mengalami kelelahan dan sakit.

“Kemarin kami cek sudah siap semua, termasuk Dinas Kesehatan untuk mem-back up di bidang kesehatan bagi para petugas,” jelasnya.

Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa mengatakan, telah menyiagakan 600 anggotanya untuk pengamanan TPS. “Kami dibantu TNI siap mengamankan Pemilu besok,” katanya.

Pelepasan APK

Sementara itu Ketua Bawaslu M Habib Sholeh hari ini memberikan data hasil pelepasan alat peraga kampanye (APK) dan alat peraga sosialisasi (APS) Pemilu 2024.
Pelepasan APK di masa tenang, untuk APK paslon presiden dan wakil presiden sebanyak 3.688 buah. APK caleg dan bendera partai politik sebanyak 18.979 buah, calon DPD 255 buah. Jumlah totalnya
22.922 buah.

Sedangkan penertiban APS sebelum masa kampanye 1.099 buah. Total APK dan APS Pemilu 2024 sebanyak 24.021 buah.

Jumlah tersebut hanyalah APK dan APS yang dibersihkan oleh Tim Bawaslu Kabupaten Magelang. Tidak menghitung APK yang dibersihkan secara mandiri oleh partai politik, tim kampanye dan relawan.

Eko Priyono