blank
Irwasda Polda Jateng Kombes Rudy Mulyantoko dan Irbid II Kombes Bambang Hidayat Senin (12/2) mengecek kesiapan pasukan Raimas Presisi Satsamapta Kebumen. (Foto:SB/Sie Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen melakukan berbagai upaya pengamanan pungut hitung suara Pemilu 2024 agar berjalan aman dan kondusif.

Satsamapta Polres Kebumen  telah membentuk pasukan pengurai masa (Raimas) Presisi Sat Samapta Polres Kebumen.

Bahkan Irwasda Polda Jateng Kombes Rudy Mulyantoko dan Irbid II Kombes Bambang Hidayat Senin (12/2) telah mengecek langsung kesiapan pasukan Raimas Presisi Satsamapta di halaman Mapolres.

Wakapolres Kebumen Kompol Muhammad Nurkholis beserta PJU Polres menyambut kedatangan Tim Polda Jateng tersebut di halaman Mapolres.

“Kedatangan dari Polda ingin mengecek kesiapan anggota dalam rangka Operasi Mantap Brata pengamanan pungut hitung Pemilu di Kebumen,”jelas Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho melalui Kasi Humas AKP Heru Sanyoto.

Para personel Raimas Presisi Satsamapta Polres Kebumen dibariskan lalu dilakukan pengecekan peralatan yang akan digunakan selama pengamanan. Termasuk Unit K9 ikut dilakukan pengecekan saat itu.

Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Setiyoko menyatakan, kedatangan Irwasda Polda Jateng Kombes  Rudy Mulyantoko yang juga Kawas Opsda OMB dalam rangka pengecekan Power on hand Kapolres Kebumen.

Personel yang terlibat sebagai power on hand Kapolres Kebumen merupakan personel yang siap digerakkan 1×24 jam jika mendadak dibutuhkan.

Power on hand merupakan kekuatan yang bisa digerakkan oleh pimpinan sesuai dengan ketentuannya, serta sesuai perkembangan situasi terkini.

“Perkembangan situasi, kita tidak bisa mengetahui secara pasti sehingga kita membentuk pasukan power on hand yang bisa digerakkan sewaktu-waktu. Yang bisa menggerakkan adalah pimpinan,”ujar Kompol Setiyoko.

Personel yang dilibatkan sebagai pasukan power on hand memiliki kriteria dan pelatihan khusus. Di antaranya, harus siap diri, siap fisik, siap keterampilan, serta siap peralatan.

Sarana dan prasarana pendukung pengamanan harus benar-benar dalam kondisi siap digunakan kapanpun, sehingga siang ini dilakukan pengecekan.

Komper Wardopo