blank
APEL SIAGA - Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum saat Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu 2024 di Alun-alun Brebes. (Foto: Istimewa)

BREBES (SUARABARU.ID) – Jelang Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum mengajak masyarakat Brebes untuk mewujudkan Pemilu yang aman damai. Ajakan tersebut disampaikan Iwan saat Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu 2024 di Alun-alun Brebes, Kamis (8/2/2024).

Apel yang diinisiasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes itu, Iwanuddin menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Bawaslu, Pemkab, forkopimda, KPU, dan stakeholder lainnya yang terus bersinergi dalam rangkaian tahapan pemilu 2024.

“Alhamdulillah, masyarakat Kabupaten Brebes lebih baik, tidak ada perselisihan dan yang paling penting adalah tidak ada perpecahan. Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Brebes mempunyai peran yang sangat sentral supaya bisa meminimalisir setiapĀ  kejadian-kejadian yang sifatnya praduga-praduga yang tidak benar,” ujarnya.

Meski pengawasan di wilayah Brebes yang memiliki 17 kecamatan, 292 desa dan 5 kelurahan tidaklah mudah, akan tetapi dengan digelarnya Apel Siaga terjalin sinkronisasi, sinergitas serta penguatan. Dan yang paling utama adalah kesiapanĀ  saat pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 agar berjalan lancar, aman, tertib dan damai.

“Sekali lagi dari pemerintah kabupaten, jajaran Forkopimda akan mendukung penuh kegiatan KPU dan Bawaslu Kabupaten Brebes demi suksesnya Pemilu 2024,” tandas Iwan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes Trio Pahlevi menyampaikan terima kepada pemerintah Kabupaten Brebes, jajaran Forkopimda serta dinas terkait yang terus mengawal gelaran pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pahlevi mengatakan, kegiatan Apel ini merupakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan yang kedua, dan Bawaslu Kabupaten Brebes menjamin proses demokrasi di pemilu 2024 di Kabupaten Brebes ini akan berjalan aman dan damai seperti apa yang telah disampaikan Kapolres Brebes, Pj Bupati Brebes, serta Komandan Kodim 0713/Brebes.

“Saya meminta semuanya menjaga aturannya masing-masing seperti contoh, ASN, TNI, POLRI harus menjunjung netralitas begitu juga dengan Bawaslu yang juga punya kode etik. Insya Allah kualitas demokrasi pemilu 2024 di Kabupaten Brebes akan semakin lebih baik karena semua saling bersinergi bersama-sama, bergotongroyong dalam mensukseskan pemilu 2024,” pungkas Pahlevi.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan dari jajaran Polri sendiri khususnya Polres Brebes sudah siap 1000 persen untuk membackup, mengamankan dan juga mengawal jalannya pemilu 2024 di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami telah menerjunkan sebanyak 630 personil yang akan mengcover sekitar 6000 lebih TPS yang ada di Kabupaten Brebes. Hal ini sudah dikoordinasikan, dengan Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes dan KPU.

“Kita pastikan bahwa situasi TPS-TPS yang ada di wilayah kita pastikan akan selalu kondusif, aman sampai dengan selesainya pencoblosan dan kotak suara, serta surat suara kembali ke KPU Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi menambahkan, dari jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes bersama-sama dengan Bawaslu yang tergabung dalam Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) jika ada laporan-laporan terkait dengan pelanggaran pemilu koneksinya bersama dengan Bawaslu serta Kepolisian di sentra Gakkumdu dan dirumuskan apakah termasuk dalam tindak pidana pemilu atau bukan.

“Kita rapatkan untuk menentukan apakah setiap laporan yang masuk termasuk kategori tindak pidana pemilu atau belum, dan ini yang salama ini lakukan,” ujar Yadi.

Yadi menambahkan, termasuk untuk pelaksanaan pada saat hari H nanti kita bersama-sama melakukan upaya-upaya untuk menindaklanjuti setiap laporan, apabila nanti ada laporan saat pelaksanaan juga akan kita tindak lanjuti bersama-sama di pos Gakkumdu yang ada di Bawaslu.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum, jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, KPU Kabupaten Brebes, Kepala Kesbangpol Brebes, Dishub, Satpol PP, Dindukcapil, perwakilan Parpol, Anggota Panwaslu Kecamatan, dan Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Brebes.

Sutrisno