Calon Presiden Ganjar Pranowo berdialog dengan pendukungnya di rumah warga seusai meninjau banjir di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Rabu 7 Februari 2024. Foto: Std

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Calon Presiden Ganjar Pranowo mengunjungi korban banjir di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu 7 Februari 2024.

Ganjar menemui petani di salah satu rumah warga di Desa Putat, Kecamatan Purwodadi untuk berdialog dan mendengarkan permasalahan petani.

Saat meninjau lokasi banjir di Desa Cingkrong, Ganjar langsung diserbu warga. Mantan Gubernur Jateng dua periode tersebut pun menyempatkan diri berdialog dengan warga terdampak banjir.

Dalam dialog dengan warga, Ganjar mengatakan, banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Grobogan karena kiriman air dari beberapa kota sekitar.

“Selain kiriman air, banjir ini diperparah akibat jebolnya tanggul Sungai Tuntang. Saya sudah berkomunikasi dengan Ibu Bupati agar cepat ditangani kondisi kedaruratannya,” jelasnya.

Ganjar juga mengajak seluruh relawan yang ada di Kabupaten Grobogan untuk turun lapangan bergotong-royong membantu korban banjir.

“Jika (tanggul sungai) tidak jebol, sebenarnya tidak separah ini (banjirnya),” kata Ganjar.

Banjir Perbaiki Hulu

Untuk itu, lanjut Ganjar Pranowo, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, di sisi hulu perlu dibereskan dulu. Yakni di daerah yang gundul, aliran-aliran sungai, dan tanggulnya.

“Di sisi hulu, dibereskan daerah yang gundul, perbaikan tanggul sungai yang rusak. Ini biasanya BBWS yang akan banyak PR-nya. Hulunya harus diperbaiki,” jelas Ganjar.

Selain itu, capres berambut putih ini meminta baik pemerintah maupun relawan untuk memperhatikan, ibu hamil, kelompok rentan, serta balita untuk segera mendapat prioritas pertolongan.

“Didata, dan paling penting ibu hamil, kelompok rentan dan balita bisa diutamakan saat banjir,” ujar Ganjar Pranowo.

Tya Wiedya