blank
Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jateng, Agustina Wilujeng, memberikan keterangan pers di Panti Marhaen Semarang, Kamis (8/2/2024). Foto hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) — Sedikitnya 135.000 orang, baik dari kader partai maupun relawan Ganjar-Mahfud, akan tumpah ruah di Kawasan Simpanglima Semarang untuk menghadiri Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud pada hari Sabtu (10/2/2024).

Daya tampung lapangan Simpanglima yang sekitar 75.000 orang tidak cukup menampung massa sehingga dipastikan warga akan meluberi Kawasan Jalan Pahlawan, Taman Indonesia Kaya, Jalan Ahmad Yani, dan Kawasan di sekitar Simpanglima Semarang.

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jateng, Agustina Wilujeng, mengatakan, kehadiran seratus tiga puluh lima ribu lebih massa pada kampanye akbar terakhir itu menunjukkan semangat dan optimisme pendukung Ganjar-Mahfud untuk meraih kemenangan pada Pemilu 14 Februari 2024.

“Hajatan rakyat ini adalah pesta kegembiraan rakyat Jawa Tengah, khususnya warga Semarang. Mereka datang dari seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah dengan semangat penuh untuk membersamai pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menuju pencoblosan 14 Februari nanti,” kata Agustina saat konferensi pers di Posko Pemenangan TPD Ganjar-Mahfud Jateng di Panti Marhaen, Kamis (8/2/2024).

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani dipastikan hadir memberikan orasi semangat pada kampanye hari terakhir itu.

Selain jajaran PDIP, para ketua umum partai dari koalisi pendukung juga hadir, yakni Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang beserta jajaran fungsionaris seluruh partai.

blank
Capres Ganjar dan Kaka Slank saat Hajatan Rakyat di Bali. Foto: PDIP

Hadir pula Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid beserta jajaran TPN. Hadir juga para Deputi, termasuk Andika Perkasa dan Sandiaga Uno, dan jajaran juru kampanye nasional TPN. Hadir juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto yang akrab disapa Bambang Pacul, dan para koordinator relawan.

Agustina mengucapkan terima kasih kepada Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang telah menunjuk Semarang sebagai puncak dan penutupan Kampanye Akbar Pemenangan Ganjar-Mahfud. Agustina yakin akan banyak sekali tokoh nasional dan para tamu yang mengunjungi Semarang untuk menjadi bagian dari Kampanye Akbar ini.

“Akan banyak sekali dampak ekonomi yang positif bagi warga Semarang atas hajatan rakyat ini, yang dipastikan ikut bergerak karena tamu yang memenuhi Semarang. Usaha hotel dan penginapan, kuliner, transportasi akan menjadi bergairah dan warga Semarang harus menangkap peluang ini,” tambah Agustina.

Diperkirakan, massa akan hadir di lokasi kampanye mulai pukul 13.00 WIB untuk persiapan kegiatan dan acara kampanye akbar ini.

Agustina menambahkan, optimisme para pendukung Ganjar-Mahfud semakin kuat setelah debat capres terakhir Minggu 4 Februari 2024.

Calon presiden Ganjar Pranowo menuai sebagian besar sentimen positif dari netizen. Dukungan dari kaum milenial dan Gen-Z juga melonjak setelah penampilan unggul Ganjar pada debat tersebut.

“Misi dan visi capres-cawapres dipandang sebagai program yang realistis, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” tegas Agustina, yang juga Bendahara DPD PDI Perjuangan Jateng.

Penutupan kampanye akbar ditandai dengan blusukan Ganjar Pranowo di beberapa lokasi di Solo pada Sabtu (10/2/2024) pagi, dengan hiburan artis NDX AKA, Lala Widy, dan Lady Rara.

Dari Solo, Ganjar dan seluruh tim kemudian bertolak ke Semarang dan memuncaki kampanye akbar di Lapangan Panca Sila Simpang Lima Semarang.

Slank, Cak Lontong, Nella Kharisma

Selain orasi partai, kampanye akbar semakin hangat dengan kehadiran para artis seperti Slank, NDX AKA, Nassar, Oppie Andaresta, Cak Lontong, Nella Kharisma, Woro Widowati, dan lain-lain dipandu MC Nesha Gozhal dan Sarjoe.

Pada kesempatan itu, Agustina juga mengingatkan semua pihak agar betul-betul mengawasi proses pemungutan suara agar pemilu dapat berlangsung dengan lancar, jujur dan adil.

“Para kader, relawan, simpatisan, para saksi telah siap untuk benar-benar rapat menjaga dan mengawal pemungutan suara hingga penghitungan suara,” tegasnya.

Agustina juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat dan warga Semarang, khususnya di sekitar Kawasan Simpang lima, apabila timbul kemacetan selama kampanye berlangsung.

Dia juga mengimbau agar warga yang hadir tidak menggunakan kendaraan motor knalpot brong.

“Kehadiran begitu banyak massa pendukung dari berbagai penjuru mau tidak mau menimbulkan dampak kemacetan lalu lintas. Pihak Dishub, kepolisian dan otoritas terkait bekerja keras untuk mengawal situasi arus lalu lintas selama kampanye,” jelas Agustina.

Hery Priyono