blank
Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Prof Dr Slamet Ahmadi didampingi Rektor Universitas Putra Bangsa Dr Gunarso Wiwoho menyerahkan tumpeng Hari Pers Nasional kepada Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto, Rabu 7/2.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Menyambut peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024, Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen, Rabu (7/2), memberikan hadiah tumpeng lengkap kepada insan pers di Kampus Jalan Ronggowarsito 18, Pejagoan.

Pada kesempatan tersebut UPB juga mengundang para wartawan yang tergabung dalam Persatuan  Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen, sekaligus memberi ucapan selamat ulang tahun.

Secara simbolis Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Prof Dr Slamet Ahmadi didampingi Rektor UPB Dr Gunarso Wiwoho SE MM memotong tumpeng peringatan HPN 2024, dan menyerahkan kepada Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto.

Rektor UPB Gunarso Wiwoho mengucapkan selamat memperingati HPN 2024. Sekaligus mendoakan kepada segenap insan pers terus berkarya menyebarkan berbagai informasi bagi masyarakat.

Gunarso pun mengapresiasi interaksi  insan pers dengan UPB. Sebab selama ini banyak capaian kegiatan kampus UPB  telah dipublikasikan media cetak, elektronik dan media on line yang sangat bermanfaat bagi lembaga pendidikan tersebut.

Gunarso menyebut berbagai dinamika UPB seperti penerimaan mahasiswa baru (PMB), penambahan tenaga dosen yang meraih doktor, penambahan fasilitas aula dan layanan  perpustakaan selama ini terpublikasikan kepada masyarakat.

“Kami memang memilki Humas namun tentu jauh lebih efektif dan masif penyebarluasan informasi melalui media massa,”tandas Gunarso.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan mutu akademik. Saat ini Akreditasi UPB Baik Sekali. Sedangkan sertifikasi  menggunakan  dua lembaga. Yaitu Sertifkasi ISO 21001:2018dan ISO 9001:2015.

Bahkan hari itu (7/2) pihaknya mengadakan teaching competition, bekerja sama dengan FKIP UNS. Semua dosen praktik mengajar dengan dinilai oleh eksternal dari UNS dan internal dari UPB.

Menurut Gunarso, jumlah dosen yang telah meraih S3 atau bergelar doktor  10 orang. Dua dari unsur yayasan, dan 8 dosen. Dosen yang baru saja meraih S3 Dr Prihartini Budi Astuti SE MSi. Saat ini ada 10 dosen yang sedang menempih S3.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Prof DR Slamet Ahmadi menyatakan, dari jumlah dosen UPB sebanyak 70, pihaknya menargetkan 50 persen harus meraih doktor.

Menurut Slamet, UPB mendorong peningkatan karier semua dosen melalui jabatan fungsonal  dan kepangkatan. Sebentar lagi Rektor Dr Gunarso Wiwoho juga akan bisa meraih guru besar atau profesor.

Slamet  mengungkapkan, UPB tengah mengembangkan perluasan Kampus 2 di Kemranjen, Banyumas. Bahkan telah memiliki tanah sendiri seluas 7.000 m2. Sedang dalam permohonan  IMB ke Pemkab Banyunas guna menampung  mahasiswa di wilayah barat.

Mahasiswa UPB Kebumen sekitar 2.000. UPB memiliki dua fakultas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Program Studi S1 Akuntasi, S1 Manajemen dan S1 Bisnis Digital. Fakultas Sains dan Teknologi dengan Program Studi S1 Informatika, serta Program Pascasarjana (S2) Magister Manajemen.

Komper Wardopo