blank
Upaya pencarian nelayan yang hilang di Waduk Gajahmungkur, dilakukan sejak Minggu malam (4/2) dan dilanjutkan lagi Senin ini (5/2), dengan melibatkan bantuan dua Tim SRU dari SAR Wonogiri.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Seorang nelayan, Isman Pramono (25), dikhabarkan hilang di Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Warga asal Dusun Sendangsari RT 2/RW 15, Desa Gumiwanglor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, ini masih dalam pencarian.

Kepada petugas, pihak keluarga korban, menyebutkan, Isman Pramono, sehari-harinya bekerja sebagai pembudidaya ikan di Karamba Apung perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Tepatnya di perairan wilayah Dusun Nglingi, Desa Gumiwanglor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Menjadi kebiasaannya, setiap datang tengah hari, Isman, pulang ke rumah untuk istirahat makan siang. Tapi Minggu siang (4/2) kemarin, dia tak kunjung pulang. Upaya mengontak lewat ponsel, tidak mendapatkan respon.

Curiga ada sesuatu, pihak keluarga bersama tetangga kemudian mendatangi ke lokasi. Di lokasi, hanya menemukan tas dan ponsel milik korban. Pencarian dilakukan bersama para nelayan, tapi tidak mendapatkan keberadaan korban.

Minggu petang (4/2), Pukul 17.30, kejadian ini dilaporkan ke perangkat desa yang kemudian meneruskannya ke Polsek Wuryantoro. Menyikapi laporan ini, kemudian dilakukan pencarian bersama, yang melibatkan pula bantuan dari Tim Search And Rescue (SAR) Wonogiri.

Operasi SAR

Camat Wuryantoro, Soemardjono Fadjari, menyatakan, pencarian dilakukan jajaran TNI-Polri dari Koramil dan Polsek, bersama aparat kecamatan dan perangkat desa. Juga melibatkan para nelayan, relawan siaga bencana dari tingkat desa, relawan dari PMI dan dari Tim SAR Wonogiri, serta warga masyarakat.

Ketua SAR Wonogiri, yang juga Kasat Binmas Polres Wonogiri AKP Setiyono, menyatakan, pencarian hari pertama berlangsung sampai Minggu tengah malam (4/2). ”Senin pagi ini, operasi SAR kembali dilanjutkan untuk melakukan pencarian lagi,” jelas AKP Setiyono.

Dua Tim Search and Rescue Unit (SRU) diturunkan untuk melakukan pencarian korban kecelakaan di perairan Waduk Gajahmungkur tersebut. Dengan pembagian kerja, Tim Satu SRU fokus melakukan pencarian di perairan karamba apung, dan untuk Tim Dua SRU melaksanakan pencarian di luar karamba apung.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Senin (5/2), menyatakan, upaya pencarian masih terus dilaksanakan. Sebab, korban belum dapat ditemukan.
Bambang Pur