blank
Film Horor Munkar. Foto: Instagram @munkarfilm

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Film horor merupakan film yang dibuat untuk menimbulkan rasa, takut, teror, jijik dan sebagainya bagi para penontonnya. Film horor dipusatkan pada tema yang berbau kejahatan dalam berbagai bentuknya.

Journal Stress mengungkapkan bahwa menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk jangka pendek. Sebab, menonton film horor mampu meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi). Hal ini meningkatkan respon fight-or-flight tubuh.

Horor masih menjadi genre andalan para pembuat film untuk menarik minat penonton ke bioskop lewat serangkaian karya menakutkan yang akan menyapa penonton pada awal tahun 2024.

Dilansir dari Suara.com, di Februari 2024, setidaknya ada 6 judul film horor yang siap bersaing untuk merebut hati penonton. Berikut daftarnya.

1. Kereta Berdarah (Tayang 1 Februari 2024)

blank
Film horor Kereta Berdarah. Foto: Instagram @keretaberdarahfilm

Film horor ini, yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diproduksi oleh MVP Pictures, akan membawa penonton dalam perjalanan misterius bersama kakak beradik, Purnama dan Kembang.

Dalam perjalanan menuju resor alam, mereka akan menghadapi teror makhluk gaib dan peristiwa aneh di dalam gerbong kereta Sangkara. Akankah mereka berhasil selamat dari teror kereta berdarah?

Dibintangi oleh Hana Malasan, Zara Leola, dan sejumlah pemain kelas atas, film ini dijadwalkan tayang pada 1 Februari 2024.

2. Munkar (Tayang 7 Februari 2024)

blank
Film Horor Munkar. Foto: Instagram @munkarfilm

Disutradarai oleh Anggy Umbara dan diproduksi oleh MD Pictures, “Munkar” mengadaptasi urban legend di Lamongan, Jawa Timur.

Ceritanya berkisah tentang Herlina (Safira Ratu Sofya), seorang santriwati yang menjadi korban bullying di pesantren. Setelah kecelakaan tragis, Herlina kembali sebagai hantu yang mengerikan, menghantui pesantren dan menyajikan teror yang menegangkan.

Dengan pemain seperti Safira Ratu Sofya, Saskia Chadwick, Adhisty Zara, Elma Theana, Tio Pakusadewo, Ayu Hastari, Miqdad Addausy, Husein Al Athas, dan Vonny Anggraini film ini akan tayang di bioskop pada 7 Februari 2024.

3. Lampir (Tayang 14 Februari 2024)

blank
Film horor Lampir. Foto: Intagram @film.lampir

“Lampir,” disutradarai oleh Kenny Gulardi dan diproduksi oleh Sinergi Pictures, akan tiba di bioskop pada 14 Februari 2024, bertepatan dengan momen Valentine dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Film ini menandai comeback aktris Ardina Rasti dan debut eks jurnalis MetroTV, Rory Asyari, sebagai aktor layar lebar.

Cerita ini berkisah tentang Wendy (Jolene Maire) dan Angga (Rory Asyari), pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Mereka memutuskan untuk mengabadikan momen pranikah mereka dengan sesi pemotretan di sebuah vila yang bernuansa vintage dan mewah.

Tanpa mereka ketahui, vila tersebut ternyata dihuni oleh Mak Lampir, hantu yang menginginkan kecantikan manusia dan kehidupan abadi. Mak Lampir dengan keji menjebak mereka dalam permainan mematikan.

Wendy, Angga, dan sahabat-sahabat mereka pun harus bersatu untuk mencari jalan keluar dari vila yang penuh dengan aura menakutkan tersebut.

4. Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib (Tayang 22 Februari 2024)

blank
Film Horor Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib. Foto: Instagram @sindengaib

Disutradarai oleh Faozan Rizal dan diproduksi oleh Starvision, film ini disebut terinspirasi dari kisah nyata di Trenggalek, Jawa Timur.

Dibintangi oleh Sara Fajira, Riza Syah, Dimas Aditya, dan Naufal Samudra Weichert, film “Jagat Alam Gaib: Sinden Gaib” mengikuti Ayu (Sara Fajira), Film ini bercerita tentang Ayu (Sara Fajira) adalah seorang wanita yang jiwanya menyatu dengan sosok Sarinten dari jagat alam gaib Watu Kandang setelah terusir dari Banyuwangi.

Namun, kehadiran Sarinten malah menimbulkan malapetaka bagi orang-orang di sekitarnya. Ayu harus berjuang untuk melepaskan diri dari pengaruh Sarinten sebelum terlambat.

5. Pemandi Jenazah (Tayang 22 Februari 2024)

blank
Film horor Pemnadi Jenazah. Foto: Instagram @filmpemandijenazah

Duet sutradara Hardah Daeng Ratu dan penulis naskah Lele Laila menghadirkan film horor “Pemandi Jenazah.”

Film “Pemandi Jenazah” bercerita tentang Lela (Aghniny Haque) adalah anak Bu Siti (Djenar Maesa Ayu) yang berprofesi sebagai pemandi jenazah di kampungnya. Suatu hari, ibunya meninggal secara misterius dan Lela harus memandikan jenazahnya sendiri.

Lela menemukan kejanggalan di jenazah ibunya dan curiga bahwa kematian ibunya tidak wajar. Tak lama kemudian, terjadi beberapa kematian lain di kampung tersebut dengan kejanggalan yang sama. Lela pun bertekad untuk mengungkap misteri di balik kematian-kematian tersebut.

6. Pasar Setan (Tayang 29 Februari 2024)

blank
Film horor Pasar Setan. Foto: Instgram @pasarsetan.film

“Pasar Setan” adalah film horor yang terinspirasi dari kisah nyata dan legenda lokal tentang Pasar Setan yang disutradarai oleh Wisnu Surya Pratama dan diproduksi oleh IDN Pictures.

Film ini mengikuti kisah Rani (Audi Marissa), seorang polwan yang dipindah tugaskan ke Banyuwangi karena insiden salah tangkap.

Di sana, ia menemukan kasus pembunuhan yang melibatkan seorang vlogger bernama Tamara (Michelle Tahalea) yang diduga membunuh tiga temannya di hutan.

Rani pun berusaha mengungkap kebenaran di balik kasus tersebut, namun ia harus menghadapi berbagai rintangan dan bahaya dari Pasar Setan, tempat di mana Tamara dan teman-temannya mengalami kejadian mistis yang mengerikan.

Demikian informasi 6 judul film horor yang dijadwalkan tayang Februari 2024, kamu tertarik nonton yang mana?

Claudia