blank
Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, di alun-alun kota Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Untuk mengingatkan pengawasan dari Bawaslu beserta jajarannya menjadi semakin penting dan strategis, maka menjelang masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Blora mengadakan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, di alun-alun kota Blora, Senin, (5/2/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Andyka Fuat Ibrahim, SE., MH., menyampaikan bahwa Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 merupakan salah satu bentuk kesiapan menjelang tahapan puncak Pemilu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Apel siaga pada hari ini adalah bentuk kesiapan kita menjelang tahapan krusial dan puncak, yakni tahapan masa tenang dan tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” jelas  Andyka Fuat Ibrahim.

Dalam masa tenang, pemilih, lanjut Andyka Fuat Ibrahim, diberikan kesempatan untuk memikirkan pilihan yang akan dipilih. Namun dimasa itu, tahapan masa  tenang ini adalah masa kritis dimana pengawas pemilu harus memastikan bahwa logistik atau perlengkapan pemungutan suara ini harus sampai TPS sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

“Selain itu masa tenang adalah waktu peserta pemilu sudah tidak diperbolehkan untuk berkampanye. Artinya segala bentuk kampanye, metode kampanye sudah tidak boleh dilakukan termasuk pemasangan alat peraga kampanye,” ucap  Andyka Fuat Ibrahim

Ketua Bawaslu Blora juga memberikan arahannya kepada seluruh peserta apel terkait pentingnya tugas dan tanggung jawab Bawaslu dan jajarannya dalam tahapan Pemilu 2024 ini yakni tahap pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua Bawaslu Blora mewanti – wanti kepada seluruh jajaran Bawaslu untuk bisa melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan amanah undang – undang.

TPS Curang

“Tugas Bawaslu adalah melaksanakan amanah undang-undang, teman-teman ada disini, dilantik, dipersiapkan, diberikan bimbingan teknis adalah untuk mempersiapkan tahapan ini, pemungutan dan  penghitungan suara, tahapan itu adalah mahkotanya demokrasi. Sehingga pesan kami jaga hak pilih, pastikan dalam TPS  tidak ada kecurangan dalam bentuk apapun,” tandas Ketua Bawaslu Blora.

Hadir mengikuti apel, Bupati Blora, Wakil Bupati Blora, Forkopimda Blora, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Blora, KPU Kabupaten Blora, Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Blora, peserta apel yang terdiri dari anggota Bawaslu Blora, ratusan Panwaslu 16 kecamatan, kelurahan dan desa se-Kabupaten Blora, peserta apel yang terdiri dari anggota Bawaslu Blora, pengawas dari Panwaslu 16 kecamatan, kelurahan dan desa se-Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si., minta segenap pihak untuk bersungguh – sungguh dalam menyukseskan pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Blora.

“Saya berharap kepada KPU dan Bawaslu harus tetap berkomitmen dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan sungguh – sungguh. Selain itu juga penuh kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab tinggi, demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai,” kata Bupati Blora.

Bupati Blora juga meminta agar pelaksanaan Pemilu 2024 di Blora bisa berjalan lancar dan kondusif.

“Mari bersama-sama kita ciptakan Pemilu yang damai di Kabupaten Blora,  tetap jaga keharmonisan antar masyarakat, sehingga sebelum, saat, maupun setelah Pemilu nanti, tidak lagi terpecah-belah akibat perbedaan pilihan, karena perbedaan pilihan itu sudah menjadi hal yang biasa, yang terpenting yaitu kita tetap satu NKRI,” tandas Bupati Blora.

Kudnadi Saputro