Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono bersama Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, turun langgsung untuk memimpin pengamanan jalannya kampanye akbar di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama para prajurit TNI AD dari Kodim 0728, Minggu (4/2), Polres Wonogiri all out mengamankan rapat umum kampanye akbar PDI Perjuangan. Rapat umum kampanye Pemilu 2024 paling meriah di Wonogiri ini, digelar di Stadion Pringgodani, Wonokarto, Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono, turun langsung memimpin pengamanan. Sebanyak 824 personel dikerahkan guna melakukan pengamanan kampanye akbar tersebut. Termasuk melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, demi menghindarkan keruwetan dan kemacetan.

Pengamanan, tambah AKP Anom Prabowo, difokuskan pada sejumlah titik dan ruas jalan yang menjadi akses bagi massa PDI Perjuangan yang membanjir ke lokasi kampanye di Stadion Pringgodani, Wonokarto, Wonogiri.

Untuk pengamanan, Polres mendapatkan bantuan dari prajurit TNI AD Kodim 0728/Wonogiri. Terkait ini, Polres Wonogiri mendapatkan bantuan pengamanan sebanyak 2 peleton Brimob dari Solo, 1 peleton Dalmas dari Polres Sukoharjo, dan 1 peleton Dalmas dari Polres Karanganyar.

Pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas, juga melibatkan jajaran aparat dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Satpol-PP, para tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes), dan relawan kemanusiaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

Polisi juga memberikan pengawalan konvoi massa yang akan datang ke Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri. Massa hadir secara tertib, dengan mematuhi imbauan yang disampaikan petugas. Termasuk patuh tidak menggunakan knalpot brong. Massa diimbau untuk tidak mabuk minuman keras (miras) dan obat-obatan, juga dilarang membawa senjata dan benda yang berpotensi dapat membahayakan.

Kepada massa, diseru untuk mengedepankan aspek keamanan, keselamatan dan ketertiban, sebagai upaya menciptakan agar situasi aman, lancar, nyaman dan kondusif. Tujuannya, supaya jalannya rapat umum kampanye akbar yang dibanjiri puluhan ribu massa tersebut, terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Dishub Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, untuk memperlancar akses massa peserta kampanye akbar tersebut, event Car Free Day (CFD) untuk Hari Minggu (4/2) diliburkan.
Bambang Pur