Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama siswi SMAN Buluspesantren, Kamis (25/1).(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berkomitmen memotivasi pelajar prestasi pelajar denga cara berbeda. Yakni menggratiskan siwa naik pesawat.

Bersama Forkopimda, Bupati Arif Sugiyanto kembali menyapa siswa SMA dalam program Forkompimda Mengajar.

Bupati bersama rombongan menyambangi i SMAN 1 Buluspesantren sekaligus mengajar, pada Kamis (25/1). Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.

Para pelajar SMAN Buluspesantren berkumpul dalam satu forum. Suasana mengajar menjadi lebih cair dan fleksibel.

Baik siswa maupun Forkopimda sama-sama ada interaksi yang aktif dan saling terhubung satu sama lain. Mereka ada yang bertanya dan menjawab pertanyaan dari para pemateri.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Forkopimda dan siswa SMAN Buluspesantren, Kamis 25/1.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan tiga pesan penting untuk para siswa. Pertama, agar jangan sekali-kali mencoba minum-minuman keras. Kedua, agar tidak menggunakan narkoba. Ketiga, tidak membully atau melakukan perundungan kepada sesama teman.

“Karena orang yang dibully bisa jadi dia ditakdirkan hidupnya lebih baik dari yang mem-bully. Jadi saya pesan jangan suka membully teman, apa pun keadaan temanmu harus dihargai dan dihormati,”ujar Arif Sugiyanto.

Bupati mewanti-wanti kepada para siswa untuk menghindari pergaulan bebas. Ia merasa miris ketika ada anak-anak pelajar yang sampai hamil di luar nikah. Bahkan ada yang sampai melahirkan di toilet sekolah.”Ini jangan sampai terulang. Jaga kehormatan kalian, masa depan masih panjang,”terangnya.

Guna memberikan semangat, Bupati memberikan apresiasi dengan memberikan tiket pesawat gratis kepada 12 siswa yang telah mampu menjawab pertanyaan yang diajukannya dengan baik. Pertanyaan itu erat kaitannya dengan masa depan, impian atau cita-cita para siswa yang menginspirasi.

“Sama tadi kita memberikan tiket pesawat gratis kepada 12 siswa yang mampu menjawab dengan jelas dan sistematis terkait cita-cita dan harapan mereka ketika melihat suatu objek. Insya Allah mereka nanti ikut kegiatan Bupati ke Jakarta,”jelasnya.

Forkopimda mengajar dihadiri Kapolres AKBP A Recky Roebrtho, Dandim 0709 Letkol Cza Ardianta Purwandhana, Kajari, serta Wakil Bupati dan Sekda Edi Rianto.

Para pejabat tersebut lebih banyak memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa. Mereka meminta kepada para siswa untuk tidak mudah patah semangat. Banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk meraih sukses di masa depan.

Novita Dewanti, siswa kelas XII  yang mendapat hadiah tiket pesawat gratis, menyampaikan rasa bahagianya. Ia tidak pernah menyangka, Forkopimda mengajar yang dihadiri Bupati memberikan keberuntungan bagi dirinya dan teman-teman yang lain untuk naik pesawat.

“Seneng banget, namanya anak SMA sekolah di desa kaya gini kan jarang yang pernah naik pesawat. Alhamdulillah bapak Bupati baik banget. Keren pokoknya, memotivasi kita untuk bisa jadi orang yang bermanfaat bagi orang lain,”tukas Novita dengan nada riang.

Tak lupa Novita bersama teman-teman yang lain menyampaikan terima kasih atas kebaikan dan perhatian dari Bupati. Ia berharap, ke depan Kebumen di bawah kepemimpinannya semakin baik, maju dan sejahtera warganya.

“Kita yakin dan berharap, di tangan beliau, Kebumen bisa semakin maju dan sejahtera,”imbuh Novita.

Komper Wardopo