blank
TALKSHOW - Kegiatan talk show untuk medapatkan informasi yang akurat tentang perguruan tinggi. (Foto: Diskominfo)

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Kegiatan Simultan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 yang dilakukan Ikatan Mahasiswa Pemalang di Universitas Gadjah Mada (Ikhlasgama) dinilai mampu membantu meningkatkan taraf pendidikan di Kabupaten Pemalang, khususnya pada jenjang Perguruan Tinggi.

Hal ini disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemalang Ismun Hadiyo saat membuka Simulasi SNBT (Simultan) 2024 di SMAN 1 Pemalang, Sabtu (27/1/2024).

Ia bahkan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Ikhlasgama dengan melaksanakan kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan rutin setiap tahun. “Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya,” harapnya.

Menurutnya kegiatan ini dapat membantu, mendorong dan meningkatkan taraf pendidikan di Kabupaten Pemalang, khususnya pada jenjang Perguruan Tinggi.

Sementara Ketua Pelaksanaan kegiatan Simultan 2024, Dian Rizqi Sholihati, menjelaskan kegiatan ini salah satu agenda tahunan sebagai program kerja Ikatan Mahasiswa Pemalang di Universitas Gadjah Mada (Ikhlasgama) menyelenggarakan Simulasi SNBT (Simultan) 2024.

Rangkaian kegiatan yang meliputi tryout SNBT PTN, Campus Expo dan talk show ini diikuti sebanyak 600 (enam ratus) siswa dari SMA/SMK Se Kabupaten Pemalang. Kegiatan yang dipusatkan di SMAN 1 Pemalang, Sabtu (27/1/2024).

“Ikhlasgama dan Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) turut berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan peserta didik di Kabupaten Pemalang melalui kegiatan Simultan Pemalang 2024,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Ikhlasgama Maheswari Dian Argani bahwa kegiatan dengan tema “Bersinergi Mengenal Kampus Impian Menuju Masa Depan Cemerlang”  bertujuan supaya peserta didik memiliki motivasi untuk meningkatkan semangat dalam berjuang dan menghargai proses meraih mimpi yang berhak mereka dapatkan.

“Kegiatan Simultan Pemalang 2024 memiliki  sistematika yang efektif dan unggul dalam penyelenggaraannya. Sehingga  dalam sistem simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa kompetitif  peserta dalam menyiapkan strategi sukses ujian masuk Perguruan Tinggi  Negeri,” papar Mahasiswa Pertanian.

Sebelumnya talk show digelar, peserta dapat mendapat informasi yang akurat dalam campus expo. Sebanyak 17 Perguruan Tinggi mengikuti Campus Expo dalam Simultan 2024. Campus expo diselenggarakan untuk memberikan gambaran mengenai dunia perkuliahan kepada siswa-siswi di Kabupaten Pemalang.

Nur Muktiadi