Bantuan bak penampungan air bersih dari program CSR Wash Aqua di Dusun Banjarsari Banjar Kertek Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Warga Dusun Banjarsari Desa Banjar Kertek Wonosobo Jawa Tengah, kini sudah bisa menikmati kemudahan sarana air bersih bantuan program Wash Aqua dari dana corporate social responsibility (CSR) PT Tirta Investama (Aqua Danone) Wonosobo.

Bantuan CSR tersebut berupa pembangunan sarana bak penampungan air bersih untuk disalurkan ke warga setempat sebagai penerima manfaat. Ada sejumlah 36 water mater yang terpasang di rumah warga penerima manfaat dan 65 stop kran air.

Penyerahan secara simbolis bantuan sarana air bersih dilakukan, Jumat (26/1/2024) sore, di Gedung TPQ Al-Amin Dusun Banjarsari. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bagian CSR PT Tirta Investasi Basuki Rahmat, Kabid Cipta Karya DPUPR Wonosobo Wiryawan, Camat Kertek Misro dan Kepala Desa Banjar Syaifudin.

Kades Banjar Syaifudin menyebut sebelum ada bantuan sarana air bersih, warga kerap mengalami kesulitan saat akan memanfaatkan air bersih. Sebab, meski sudah ada pengelolaan air bersih secara mandiri tapi warga kerap kekurangan air karena saluran air bersih sering tidak lancar mengalir sampai ke rumah tangga.

“Terima kasih atas bantuan sarana air bersih dari program CSR Wash Aqua PT Tirta Investama Wonosobo. Dulu air bersih kerap mengalir tidak lancar sampai ke rumah tangga. Warga juga cenderung sering berebut air bersih agar bisa mengalir ke rumah masing-masing. Kondisi tersebut jika terus terjadi tentu tidak baik di masyarakat,” keluhnya.

LPTP Surakarta

Penyerahan bantuan bak penampungan air bersih dari program CSR Wash Aqua di Dusun Banjarsari Banjar Kertek Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kabag CSR PT Tirta Investama Wonosobo Basuki Rahmat mengatakan program CSR Wash Aqua dilaksanakan Lembaga Pengembangan Tehnologi Pedesaan (LPTP) Surakarta sebagai mitra pelaksanaan program CSR perusahaannya di lapangan. Dia berharap bantuan CSR sarana air bersih tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Ini bantuan sosial murni. Pihak perusahaan tidak akan mengambil keuntungan ekonomi sedikitpun. Jika nanti ada tarif dari penggunaan air melalui water meter, dana tersebut akan kembali lagi ke masyarakat untuk anggaran perawatan dan pemeliharaan saluran air bersih jika ada yang rusak,” jelasnya.

Camat Kertek Misro berharap bantuan sektor sanitasi air bersih dari program CSR Wash Aqua dari PT Tirta Investama sangat membantu dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Apalagi air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Dengan penggunaan air bersih makan akan menciptakan kesehatan bagi warga setempat.

“Saat ini kasus stunting (gizi buruk) dan kemiskinan yang ada di Wonosobo, salah satunya disebabkan oleh ketersediaan air bersih yang buruk. Karena dengan tidak adanya fasilitas air bersih akan sangat berpengaruh bagi derajat kesehatan di masyarakat. Maka dengan bantuan sarana air bersih diharapkan bisa membantu mengatasi kasus stunting dan masalah kemiskinan,” tegasnya.

Kabid Cipta Karya DPUPR Wonosobo Wiryawan menambahkan masalah penyediaan sarana air bersih bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Harus ada kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Selama ini pemerintah sudah ada program Pamsimas di masyarakat. Bantuan dari program CSR Wash Aqua sangat membantu pemetmrintah dalam penyediaan sarana air bersih bagi warga.

Muharno Zarka