blank
Personel TNI-Polri dari Koramil-15 dan Polsek Jatipurno, memberikan pelatihan peningkatan kemampuan pada puluhan anggota Linmas Desa Slogoretno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel TNI-Polri dari Koramil-15 dan Polsek Jatipurno, memberikan pelatihan kepada puluhan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Slogoretno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan diberikan dalam upaya meningkatkan kapasitas skill atau ketrampilan serta kualitas para anggota Linmas. Agar peran mereka dalam memberikan perlindungan masyarakat, dapat dilakukan secara profesional.

Tampil sebagai pelatih, Pelda Wagiyo yang merupakan anggota Koramil 15/Jatipurno Kodim 0728/Wonogiri bersama Aiptu Agung Mustofa dari Polsek Jatipurno Polres Wonogiri.

Linmas, merupakan salah satu pelindung serta pengayom masyarakat, yang sehari-hari keberadaannya senantiasa melekat dan menyati dengan warga. Menjadi sosok yang dipilih untuk senantiasa siap mengabdi dan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Pelatihan penyegaran peran Linmas ini, dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Materi pelatihannya, meliputi pembekalan dasar baris-berbaris, sistem pengamanan lingkungan, prosedur penanganan tindak kejahatan, serta latihan tentang kepedulian sosial kemasyarakatan di desa.

Menurut Pelada Wagiyo, tugas Linmas melaksanakan pemberian perlindungan kepada masyarakat. Utamanya dalam mengupayakan agar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Desa terjaga dalam situasi yang kondusif, aman, tenteram.

Pada di sisi lain, Linmas, juga berperan dalam penanggulangan dan penanganan bencana alam. Seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, musibah kebakaran. Juga membantu permasalahan sosial kemasyarakatan warga, dan membantu aparat pemerintah di desanya.
Bambang Pur