blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH membuka Webinar ToT. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pusat Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Webinar Training of Trainer (ToT) dosen pendamping PKM 2024 pada 24 Januari 2024.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yaitu offline di Ruang Seminar Modern Gedung Menara Lt 9 dan online dengan zoom meeting diikuti 85 dosen USM.

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

”USM menempati kluster 3, yang artinya ada 150 proposal yang harus diupload. Untuk itu saya berharap dengan adanya kegiatan ini, para dosen dapat membimbing semaksimal mungkin sehingga kualitas proposal yang upload dapat lolos didanai, ungkapnya,” kata Junaidi.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Tim Penalaran, Kreativitas, Minat, Bakat, dan Kesejahteraan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Diktiristek, Kemendikbudristek, Febri Rahman dan Reviewer Nasional PKM, Harmini ST MT.

”Ada beberapa skim atau jenis PKM, antara lain PKM Penerapan Iptek, PKM Pengabdian kepada Masyarakat, PKM Karsa Cipta, PKM Kewirausahaan, PKM Video Gagasan Konstruktif, PKM Karya Inovatif, PKM Artikel Ilmiah, serta PKM Gagasan Futuristik. Setiap dosen maksimal dapat membimbing 10 proposal,” Febri.

Dia menambahkan, khusus untuk PKM-K jangan hanya makanan dan minuman yang berganti rasa, tapi memang produk yang unik.

Sementara itu, Harmini mengatakan, proposal yang di tulis mahasiswa harus lengkap administrasi sesuai pedoman yang terbit, contohnya luaran PKM harus sesuai pedoman antara lain luaran dalam bentuk produk, sosial media, dan publikasi ilmiah.

Muhaimin