Foto bersama mahasiswa MDSM dengan Kepala MA NU Nahdlatul Fata

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperkuat jatidiri dan untuk membentuk kesiapan calon pendidik, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisnu Jepara menerjunkan mahasiswa untuk mengikuti program Mengajar di Sekolah- Madrasah ( MDSM). Sejumlah mahasiswa diterjunkan di sekolah dan madrasah di Kabupaten Jepara dan sekitarnya untuk mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh di bangku perkuliahan.

Sebanyak 14 mahasiswa yang terdiri dari 10 prodi Pendidikan Agama Islam dan 4 prodi Pendidikan Bahasa Inggris ( PBI) hari ini, Selasa 23 Januari 2024 diserahkan ke MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara untuk menjalankan program MDSM selama 40 hari terhitung mulai hari ini.

: Penandatanganan MoU Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisnu dengan MA NU Nahdlatul Fata

Hadir dalam acara serah terima mahasiswa MDSM Dosen Pembimbing Azza Nur Laila, S. Th. I, M. SI., Kepala MA NU Nahdlatul Fata, Drs. H. Nur Khandir, Kepala MTs Nahdlatul Fata, H. Subekhan, M. Pd. beserta jajaran Wakil Kepala, dan perwakilan dewan guru.

H. Nur Khandir menyatakan bahwa MA NU Nahdlatul Fata merasa terhormat mendapat kepercayaan dari Unisnu Jepara untuk menjadi mitra kerjasama program MDSM. H. Nur Khandir berharap mahasiswa dapat mengikuti kultur dan peraturan-tata tertib selama mengajar di MA NU Nahdlatul Fata sehingga ke depan bisa menjadi inspirasi ketika benar-benar terjun menjadi guru.

Foto bersama mahasiswa MDSM Unisnu dengan Kepala MA NU Nahdlatul Fata

Azza Nur Laila, dosen pembimbing Unisnu menuturkan bahwa program MDSM merupakan bagian integrasi pembelajaran di kampus dalam kemasan baru karena mengikuti Kurikulum Merdeka. “Dulu kegiatan semacam ini dikenal dengan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL). Tujuannya agar mahasiswa mendapat pengalaman riil dan dapat mengelaborasi teori-teori pendidikan yang diperoleh di bangku perkuliahan,”ujarnya

” Kami berharap dari program MDSM mahasiswa mendapat pengalaman riil dalam mengajar, menjadi momen inspiratif, dan dapat menjadi bahan riset untuk tugas akhir nanti. Kepada MA NU Nahdlatul Fata kami berharap kerjasama dengan Unisnu Jepara tetap terjalin di masa-masa yang akan datang.” tutur Bu Azza, panggilan akrabnya.

Acara serah terima mahasiswa MDSM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisnu Jepara juga menjadi forum ta’aruf antara mahasiswa dan guru pamong yang akan mendampingi selama pelaksanaan program MDSM.

Merespon harapan Dosen Pembimbing dan Kepala MA NU Nahdlatul Fata, Nina Anggraini mewakili rekan-rekannya siap beradaptasi dengan Pertatib madrasah dan berharap dapat melaksanakan program MDSM dengan baik.

” Kami mohon bimbingan dan arahan dari Bapak Kepala dan guru pamong agar kami dapat melaksanakan program MDSM dengan baik,” Pinta Nina.
Hadepe – Sub