Pesta siaga se-Kwarran Jati Blora, dan lomba PBB di pesta siaga tingkat SLTP  Kedungtuban. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Pembukaan pesta siaga Pramuka SD/MI Se-Kwarran Jati Tahun 2024 bertempat di SMPN 1 Doplang Kecamatan Jati, Sabtu, (20/1/2024) hingga Minggu, (21/1/2024).

Hadir Danramil 11/Jati Kapten Inf Suyadi diwakili Bati Komsos Pelda Santoso mengatakan bahwa kegiatan pesta siaga ini dalam rangka membangun wujud pribadi Pramuka yang tangguh, mandiri, disiplin dan mampu meneruskan nilai – nilai kejuangan generasi sebelumnya.

“Kegiatan pesta siaga memiliki tujuan yang mulia, karena kemajuan ilmu teknologi dan pendidikan formal tidak cukup untuk modal kaum muda yang cerdas tetapi harus dilengkapi dengan kepribadian yang tangguh, Budi pekerti yang luhur dan menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme,” ujar Pelda Santoso.

Melalui pesta siaga, lanjut Pelda Santoso, peserta akan berkompetisi, diuji dan dididik mengenai pentingnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai Pramuka Siaga.

“Para peserta juga diasah untuk dapat melaksanakan kewajiban mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki rasa kesetiakawanan, kreatif, rajin, terampil dan gembira, hemat, cermat dan bersahaja. Sehingga mampu berperilaku baik sesuai Janji Dwi Satya dan Dwi Darma dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat,” ungkap Pelda Santoso.

“Pesta siaga ini dapat di jadikan sebagai unjuk Gigi para Siswa yang nantinya dapat mengharumkan nama baik sekolah masing-masing sehingga dapat berdampak positif dan berprestasi,” tandas Pelda Santoso.

Sementara di Kecamatan Kedungtuban, Pesta Siaga tahun 2024 di SLTPN 2 Kedungtuban, untuk mengukur keterampilan dan menambah pengetahuan, diadakan Lomba PBB dalam Pesta Siaga tersebut.

Dalam rangka membina dan meningkatkan keterampilan para pramuka serta memperkuat persaudaraan pramuka, khususnya tingkat siaga, maka Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kedungtuban juga mengadakan Pesta Siaga tahun 2024 di SLTPN 2 Kedungtuban.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Pesta siaga tersebut adalah materi PBB, dengan dewan juri dari anggota Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora Serka Lukman dan Serka Sriwibowo.

Dalam kesempatan tersebut, Serka Lukman menyampaikan bahwa pesta siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehingga diharapkan akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik.

“Koramil 08/Kedungtuban menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi Pramuka Indonesia, khususnya dalam pembinaan pramuka di Kecamatan Kedungtuban,” ujar Serka Lukman.

“Selain itu, kegiatan lomba PBB ini nilainya sangat tepat untuk mengukur/membandingkan sejauh mana keterampilan, wawasan dan pengetahuan kepramukaan khususnya materi PBB anak-anak pramuka siaga di wilayah Kecamatan Kedungtuban,” tandas Serka Lukman.

Kudnadi Saputro