blank
Makam Kasmin Minto Utomo dan istrinya, Mbah Sarti

JEPARA (SUARABARU.ID) -Terletak di Dukuh Guo RT 3 RW 7 Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara sebuah perkampungan berbukit di kaki Gunung Muria yang asri terdapat makam tokoh legendaris desa Plajan yaitu Kasmin Minto Utomo dan istrinya Sarti.

Tokoh ini adalah Petinggi Desa Plajan yang legendaris. Ia dikenal sebagai sosok petinggi disegani dan mempunyai ” daya linuwih”. Juga ikut aktif dalam pergerakan melawan penjajah Belanda yang ingin kembali menguasai pulau Jawa dalam agresi militer Belanda tahun 1948. Bersama prajurit TNI yang dipimpin oleh Letnan Paulus, Mbah Kasmin membentuk Laskar Rakyat dengan merekrut para pemuda pemberani dari Desa Plajan.

Kasmin Minto Utomo juga tercatat menjabat sebagai Petinggi Plajan terlama. ” Berdasarkan Informasi dari sesepuh-sesepuh desa antara lain Mbah Kardo, Mbah Kastami dan dan juga informasi dari mas Sudarto anak beliau, seorang pensiunan guru SMKN 2 Jepara yang tinggal di Karanggondang, Mbah Kasmin Minto Utomo memimpin Desa Plajan mulai tahun 1946- 1990 ” terang Petinggi Desa Plajan, H. Kartono.

Makam Kasmin Minto Utomo dan Istrinya Sarti berdampingan dengan Musala Al Ikhlas ini terbilang bersih, asri karena sering dibersihkan oleh pihak keluarga.

“Setiap hari Kamis Wage malam Jumat Kliwon anak turun Mbah Kasmin dan warga sekitar mengadakan pengajian dan mendoakan kepada beliau dan istri sekaligus sebagai ajang silaturahim keluarga di Musala Al Ikhlas samping makam beliau”, kata Ketua RT 3 RW 7 Desa Plajan , Robikan, Kamis malam 18/1/2024; seusai acara pengajian.

Robikan menilai sosok Mbah Kasmin adalah Petinggi Plajan yang disegani dan berwibawa , tegas. ” Konon kata orang-orang terdahulu, beliau mempunyai kelebihan. Yang saya tahu beliau memang disegani dan berwibawa”, imbuh Robikan yang juga takmir Musala Al Ikhlas yang juga turut membersihkan makam Mbah Kasmin dan Mbah Sarti.

Makam ini dulunya adalah tanah milik Keluarga Kasmin Minto Utomo yang kemudian ada Musala untuk ibadah warga RT 3 RW 7 Plajan .

Hadepe – Edy S