blank
Keseruan siswa SD Satya Wacana, Bethany dan Kwansei Gakuin ikuti Cultural Exchange. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Pertukaran budaya secara virtual tidak membatasi siswa-siswi sekolah dasar (SD) untuk mengenal dan mempelajari budaya luar negeri.

Seperti yang dilangsungkan Satya Wacana Elementary School (SWES) dan Bethany Elementary School (BES) dari Indonesia, serta Kwansei Gakuin Elementary School (KGES) dari Jepang dalam kegiatan Cultural Exchange padaRabu (17/1/2024) siang secara daring.

Semakin membuat siswa-siswi penasaran, kegiatan ini diawali dengan menonton penampilan budaya dari dua negara tersebut melalui pemutaran video. Nyanyian yang memukau dipertontonkan siswa-siswi asal Jepang, sedangkan siswa-siswi asal Indonesia menampilkan video tarian daerah.

Selanjutnya, para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dalam breakout rooms untuk melakukan interaksi lebih dekat satu dengan yang lainnya. Dengan semangat, mereka menanyakan nama dan kesukaan masing-masing peserta dalam kelompok yang sama.

Selain perkenalan, kegiatan juga diisi dengan bermain games seperti wordwall dan guessing game yang bertema dua negara tersebut untuk memperkenalkan budaya masing-masing. Antusiasme siswa-siswi yang tinggi membuat kegiatan semakin seru.

Dimulai dari sekolah dasar

Koordinator kegiatan Kepala Bagian (Kabag) Kerja Sama dan Pelayanan Gereja, Ardiyarso Kurniawan, M.Hum., menyatakan, kegiatan yang digelar oleh Direktorat Kerja Sama (DIKER) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ini telah berlangsung sejak tahun lalu.