Tim PPMT Unimma berfoto bersama, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kelompok Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) periode 8 dari Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada usaha rengginang singkong Barokah. Berlokasi di Dusun Garengan, Desa Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

Tim diketuai Setiya Nugroho ST MEng selaku dosen pembimbing lapangan. Memiliki lima anggota yang terdiri dari dua mahasiswa PAI dan tiga mahasiswa Teknik Informatika. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan selama satu bulan, sejak 14 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024.

Setiya Nugroho ST MEng hari ini (Kamis 18/1/24) menjelaskan,
kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu usaha rengginang singkong Barokah. Terutama dalam meningkatkan pemasaran dan daya jual produknya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh tim PMMT adalah ikut serta dalam proses produksi rengginang singkong. Mahasiswa belajar langsung dari pemilik usaha, tentang cara membuat rengginang singkong yang berkualitas.

Selain itu, tim PMMT juga melakukan pembuatan akun Instagram untuk usaha rengginang singkong Barokah. “Akun Instagram tersebut diharapkan dapat menjadi sarana promosi produk rengginang singkong Barokah kepada masyarakat luas,” katanya.

Dijelaskan pula, melalui kegiatan tersebut dilakukan penambahan varian rasa rengginang singkong Barokah. Yakni rasa gurih bawang dan rasa manis. Hal itu, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk rengginang singkong Barokah.

Tim juga melakukan inovasi pada kemasan produk rengginang tersebut. Kemasan sebelumnya tidak memiliki tag brand. Lalu, mahasiswa menambahkan tag brand pada kemasan tersebut. “Hal itu bertujuan untuk meningkatkan branding produk rengginang singkong Barokah,” harapnya.

Tim juga berharap bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tersebut dapat membantu usaha rengginang singkong Barokah dalam meningkatkan pemasaran dan daya jual produknya.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim PMMT itu, sambungnya, merupakan salah satu bentuk sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Pemilik usaha rengginang singkong Barokah, Abdul Baqi, hari ini menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim PMMT. Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut bermanfaat bagi usahanya.

“Kegiatan itu bermanfaat bagi usaha kami, bisa mendapatkan banyak pengalaman baru dari tim PMMT. Saya harap kegiatan seperti itu dapat terus dilanjutkan,” harapnya.

Eko Priyono